logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Duh... Gabah Padi Ketan Saya Tidak Laku

Duh... Gabah Padi Ketan Saya Tidak Laku.

Saya kini setengah menangis. Gabah Padi ketan yang baru dipanen minggu lalu tidak laku dijual semua, sementara saya terdesak biaya kebutuhan tanam padi pada musim tanam kedua ini.

Saya, petani warga Desa Bendungan, Kecamatan Pagaden Barat, Kabupaten Subang, Jawa Barat, sejak minggu lalu para tengkulak dan pengusaha penggilingan mengaku tidak punya uang, karena itu mereka hanya mau membeli kalau gabah padi ketan saya bisa dijual separuh. Ya, terpaksa karena saya butuh uang untuk kebutuhan tanam berikutnya saya menjual separuhnya dari 5 Ton, yang laku dijual hanya 3 ton, sedangkan 2 ton lagi saya jemur dan disimpan di lumbung... Penjemuran saya lakukan untuk mengawetkan gabah agar bisa disimpan untuk jangka lama apabila tidak ada tengkulak atau pengusaha yang membelinya. 

Saya, petani warga Pagaden Barat tidak bisa berbuat banyak dan terpaksa menerima itu karena terdesak kebutuhan tanam berikutnya. Mau menjual gabah ke pembeli lain tidak ada alternatif. 

Untuk biaya produksi padi tahap awal perlu modal usaha minimal Rp 5 juta per hektar. Mulai dari olah lahan, pembelian benih, penanaman, hingga pembelian pupuk tahap awal. 

"Kalau saking terpaksanya, mungkin saya harus mengutang ke kios pertanian. Tapi apapun yang terjadi jangan sampai ngutang... Karena mengutang harga benih dan pupuk pun jauh lebih tinggi,"


Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger