logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Menyemai Padi Ketan Grendel di Bakan Bandung, Pagaden Barat, Subang

Menyemai Padi Ketan Grendel di, Pagaden Barat, Subang

Cara menyemai bibit/benih padi yang baik akan menentukan keberhasilan budidaya. Sekalipun cara menyemai benih padi sawah dianggap budidaya mudah akan tetapi kegagalan benih masih sering terjadi, apalagi ketika penyemaian benih padi terserang hama tikus, sudah bisa dipastikan bibit padi menurun sangat signifikan bahkan seringkali menyebabkan kegagalan tanam. 

Menyemai Padi Ketan sekalipun mudah, jika kita menguasai teknik menyemai padi dengan baik niscaya akan meningkatkan bibit padi. Berikut ini akan ditulis mengenai bagaimana cara menyemai padi ketan sesuai yang saya lakukan pada Hari Senin, Tanggal 16 Mei 2016 di Blok Bakan bandung, Desa bendungan, Kecamatan Pagaden Barat, Kabupaten Subang, Provinsi Jawa Barat, Indonesia

Penyemai Padi Ketan Grendel di Bakan Bandung, Pagaden Barat, Subang
Penyemai Padi Ketan Grendel di Bakan Bandung, Pagaden Barat, Subang


Yang perlu diperhatikan untuk memilih tempat pesemaian:
i. Tanahnya harus subur, gembur dan mengandung bayang humus

ii. Tanahnya harus yang terbuka, jadi tidak terlindung pepohonan / tidak ternaungi, sehingga sinar dari matahari bisa diterima serta digunakan dengan maksimal. Lihat foto dibawah ini.

iii. Penyemaian benih padi dekat dengan tempat air, terlebih untuk persemaian basah yang seperti persemaian benih padi ketan Grendel saya ini, karena persemaian membutuhkan air yang banyak.

iv. Penyemaian benih padi harus dipagari dengan plastik, tujuannya agar terlindung dari serangan hama tikus, bebek atau ayam dari perkampungan.
Tempat penyemaian padi harus terbuka, dekat dengan tempat air dan pembuatan pagar pada penyemaian padi agar terhindar dari serangan tikus, bebek.
Tempat penyemaian padi harus terbuka, dekat dengan tempat air dan pembuatan pagar pada penyemaian padi agar terhindar dari serangan tikus, bebek.

Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger