--> Skip to main content

Tenggek / Bekicot / Keong Racun

Tenggek / Bekicot / Keong Racun

Bekicot di wilayah Indonesia memiliki nama daerah yang berbeda-beda: Jawa Tengah dan Jawa Timur biasa mengenalnya dengan Bekicot atau Siput. Jawa Barat biasanya mengenalnya dengan Tenggek, Betawi mengenalnya dengan Keong Racun.

Bekicot atau Achatina fulica adalah siput darat yang tergolong dalam suku Achatinidae.

Bekicot berasal dari Afrika Timur dan menyebar ke hampir semua penjuru dunia. Hewan ini mudah dipelihara dan di beberapa tempat bahkan dikonsumsi, termasuk di Indonesia.
Menurut Nenek saya, Bekicot adalah salah satu jenis makanan yang akan membangkitkan kenangan buruk, dimana hewan ini merupakan santapan yang seringkali harus dikonsumsi selama masa kelaparan akibat penjajahan Jepang jaman dulu. 

Tenggek / Bekicot / Keong Racun
 Tenggek / Bekicot / Keong Racun


Namun, sekarang tak banyak yang tahu, bahwa hewan yang seringkali dianggap menjijikan ini, ternyata kaya akan gizi, bahkan termasuk salah satu bahan baku utama makanan khas Perancis yang dianggap mewah, yakni Escargot. Bekicot di luar negeri di kenal dengan nama escargots, terutama di Perancis. Orang Perancis sangat menyukai masakan dengan bahan baku bekicot,

Bekicot seringkali dianggap sebagai hama perusak tanaman. Namun, setelah khasiatnya terkuak, tidak lagi demikian anggapan orang-orang terhadap hewan ini.


Baca juga : 
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comments
0 Comments