logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Wisata Gunung Rinjadi Lombok, Panorama Alam di Ketinggian yang Memukau

Wisata Gunung Rinjadi Lombok, Panorama Alam di Ketinggian yang Memukau

Gunung Rinjadi selalu menjadi destinasi wajib bagi kalangan Traveller yang singgah di Lombok, Nusa Tenggara Barat, khususnya mereka yang menyukai medan menantang. Meskipun dipenuhi dengan medan yang cukup menantang, Gunung Rinjani memiliki daya pikat tersendiri, yaitu panorama alam yang disuguhkannya sangatlah indah, sehingga hal tersebut tidak mengurangi antusias para pendaki yang ingin sampai ke puncak.

Menaklukkan Puncak Gunung Rinjani

Tidak mudah bagi pendaki pemula untuk menaklukkan gunung ini. Karena selain dipenuhi dengan halang rintang, pendaki harus melakukan pendakian ekstrim yang kurang lebih sejauh 4 km. Pendakian di gunung ini sangat tidak disarankan untuk mereka yang masih minim pengalaman tentang hiking. Untuk sampai di puncak rinjani, wisatawan tidak hanya cukup sekedar mendaki, melainkan harus mempersiapkan segala hal dengan matang, baik dari kondisi fisik maupun pengetahuan dasar tentang hiking. Dan menurut data yang ada, Gunung ini merupakan salah satu gunung yang paling berbahaya di Dunia. Banyak sekali fenomena fenomena yang penuh dengan misteri.

Wisata Gunung Rinjadi Lombok, Panorama Alam di Ketinggian yang Memukau
Wisata Gunung Rinjadi Lombok, Panorama Alam di Ketinggian yang Memukau

Gunung Rinjani merupakan gunung tertinggi di NTB, dengan ketinggian mencapai 3.726 mdpl. Gunung ini berlokasi di sebelah utara Pulau Lombok. Sedangkan untuk se-Indonesia, Gunung Rinjani menduduki posisi ke 3 sebagai gunung tertinggi.

Sedikit legenda tentang Gunung Rinjani. Berdasarkan pernyataan yang disampaikan oleh masyarakat setempat, konon katanya gunung ini dulunya merupakan sebuah istana yang nota bene tempat singgah nya ratu jin yang bernama Dewi Anjani. Dewi Anjani merupakan seorang putri dari pasangan suami istri Datu Tuan dan Dewi Mas. Pasangan suami istri ini konon dulunya merupakan penguasa kerajaan kecil di pulau Lombok. 

Terlepas benar dan tidak nya kisah tersebut, yang jelas gunung ini menawarkan panorama alam yang sangat menakjubkan. Dan panorama inilah yang menjadi daya tarik bagi wisatawan, sehingga wisatawan sangat antusias untuk berusaha menaklukan Puncak Rinjani.

Selain dapat menyaksikan panorama alam dari ketinggian, wisatawan juga berkesempatan menyaksikan flora dan fauna di padang rumput yang terbentang luas , tepatnya di rentangan ketinggian 1.000 m sampai 3.000 m sebelah selatan dan di sisi barat gunung. Aneka flora yang dapat di jumpai di kawasan ini antara lain Dysoxylum sp, Pterospermum, Ficus Superba, dan Cemara Gunung.

Beberapa spot menarik lain nya sekaligus paling favorit bagi wisatawan yang berkunjung ke wisata ini antara lain:
•    Kawah
•    Mata Air Panas
•    Air Terjun
•    Danau
•    Goa
•    Panorama Kaldera
•    Tetebatu
•    Senaru
•    Aliran Lava Baru
•    Lebung Letusan
•    Sembalun
•    Danau Segare Anak
Selain spot spot tersebut, Wisata Gunung Rinjani ini masih menyimpan banyak sekali spot yang juga layak untuk di kunjungi.

Danau Segare Anak, Danau Cantik di Gunung Rinjani
Danau Segare Anak merupakan icon dari Gunung Rinjani. Tak heran jika banyak foto Gunung Rinjani yang bertebaran di internet selalu memunculkan danau ini. Danau ini terbentuk akibat letusan pada Gunung Rinjani yang terjadi beberapa tahun silam. Nama “Segare Anak” berasal dari kata “segare” yang berarti lautan. Jadi apabila diartikan secara menyulurh Segare Anak berarti Lautan kecil yang ada di Gunung Rinjani. Dan apabila dikaji lagi sebenarnya lautan tersebut bukan benar benar lautan, melainkan sebuah danau. Penyebutan laut oleh penduduk lokal dilatar belakangi oleh air nya yang berwarna kebiru biruan yang nampak seperti air laut.

Danau ini terletak di puncak Rinjani, dengan ketinggian mencapai 2.800 mdpl. Selain eksotisme yang dimiliknya, ternyata di dalam danau ini terdapat berbagai macam jenis ikan. Ikan yang umumnya dijumpai di danau ini yaitu Ikan Mas, Ikan Mujair, dan Ikan Herper.

Jika berbicara masalah mitos, tidak hanya Gunung Rinjani aja yang dipenuhi dengan kasak kusuk. Danau Segare Anak juga memiliki cerita mitos tersendiri. Yang mana danau ini dulunya sering dijadikan sebagai tempat untuk mendapatkan ilmu kesaktian. Selain itu, air yang ada di dalam danau dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit.

Lokasi dan Rute Menuju Gunung Rinjani
Gunung Rinjani terletak di Jl. Arya Banyar Getas Lingkar Selatan, Jempong Baru, Sekarbela, Mataram, NTB. Sebenarnya lokasi nya sangat mudah ditemukan, memang untuk sampai ke puncak itu lah yang membutuhkan perjuangan ekstra. 

Untuk sampai ke Gunung Rinjani, rute paling umum yang ditempuh oleh wisatawan yaitu berangkat dari Bali. Dari terminal Ubung Bali dapat langsung menuju Terminal Mandalika Mataram. Sesampainya di Terminal Mandalika bisa langsung melanjutkan perjalanan menggunakan jasa angkutan umum yang beroperasi menuju Gunung Rinjani.

Bagaimana, tertarik dengan tantangan menaklukkan puncak Rinjani? Siapkan diri kamu!

Lihat Peta Gunung Rinjani di GoogleMap..


...............................................................................

Penulis : Boy Kurniawan
Twitter : @tabloidwisataku
Hobi    : Travelling, Blogging
Blog    : www.tabloidwisata.com




Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

4 komentar

Subhanallah...keren banget mang yon...aku belum pernah ke tempat se keren ini...ajak2 dong mang yon

Balas

Iya indah banget... nyesel deh kalau belum kesini...

Lha, saya juga belum pernah ke Gunung ini Mbak Dwi :)

Balas

Aduh kepengen banget bisa menyaksikan keindahan Gunung Rinjani secara langsung

Balas

subhanallah, memang alam indonesia itu sangat indah.

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger