--> Skip to main content

Yukk... Belajar Beternak Kambing

Belajar Beternak Kambing

Siapa yang tidak tahu kambing... Ya, betul.... hewan berkaki empat pemakan rumput (herbivora). 

Ciri khas dari kambing suka mengembik (mengeluarkan suara "mbeeeek"). Saya disini bukan cerita kambing jantannya Raditya Dika loh ya.... Hehehe

Kambing bukanlah hewan yang mudah diatur dengan cara digembala tanpa tali yang membatasi gerak, berjalan kemana saja, memakan apa saja yang bisa dimakan. Maka, diperlukan sifat mengatur, mengarahkan, dan melindungi. 

Penggembala tentu akan mengatur agar kambing yang jumlahnya tidak sedikit tetap berkelompok, tidak terpisah hingga dimangsa serigala atau hewan buas lainnya. 

Yukk... Belajar Beternak Kambing. By Blaccatelldesign
 Yukk... Belajar Beternak Kambing. By Blaccatelldesign

Penggembala akan berusaha mencari dan mengarahkan kambing-kambing ke tempat yang banyak rumputnya. Begitu juga melindungi kambing-kambing dari berbagai ancaman, seperti hewan buas, terjebak tali, makan plastik, pun menjadi tanggung jawab penggembala.

Sesungguhnya beternak kambing lebih stabil daripada beternak hewan lain... Apalagi beternak TUYUL ... hahaha. Hanya saja memang hasil tidak bisa dipacu, karena teknologi yang memadai belum ada. Sampai sejauh ini belum ada perusahaan di negara kita yang konsen pada permasalahan ternak kambing, sehingga sifatnya hanya berjalan apa adanya, tanpa riset yang matang dan dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah. Ini setidaknya yang saya amati.

Saat ini saya sedang belajar ternak kambing di Pagaden Barat, Subang. Nah, bagi sobat yang sudah tau caranya... silahkan sharing ilmunya silakan tulis dikomentar artikel ini. Admin masih perlu banyak belajar, agar bisa sukses.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comments
0 Comments