logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Cara Menyapih Dan Memisahkan Anak Kelinci Dari Induknya

Cara Menyapih Anak Kelinci Dari Induknya

Anak kelinci bisa kita sapih setelah mampu makan sendiri, umumnya paling lambat pada umur delapan minggu (56 hari). Mengingat pada minggu keenam (42 hari) susu induk sudah susut, biasanya pada saat itu anak kelinci sudah mulai disapih oleh induknya.

Berdasarkan pengalaman, anak-anak kelinci bisa disapih pada umur 42 hari atau ketika sang anak kelinci sudah makan rumput. Kelinci sangat membutuhkan perhatian saat berumur di bawah dua bulan atau masa prasapih karena ia sangat rentan terhadap perubahan suhu, musim, dan stres.

FOTO : Anak kelinci berumur 8 minggu
FOTO : Anak kelinci berumur 8 minggu

Pada umumnya peternak kelinci langsung menyapih anak kelinci ketika sudah memasuki umur dua bulan. Lebih baik anak kelinci dipuasakan dulu untuk menyusui. Anak kelinci sudah siap disapih ketika induk sudah tidak mau menyusui. Setelah disapih, anak kelinci dipisahkan dari induknya. Agar anak tidak stres, sebaiknya induk yang dipindah ke kandang lain. Hal ini karena anak kelinci sudah beradaptasi dengan kandangnya yang lama sejak lahir.

Anak kelinci yang sudah disapih sebaiknya ditempatkan dalam kandang sebanyak 2—4 ekor. Hal ini dilakukan untuk mengurangi adanya persaingan antaranak kelinci dalam hal pakan. Saat masih kecil, kebutuhan pakan harus selalu terpenuhi. Hal ini karena dalam masa pertumbuhan, umumnya anak kelinci bisa selalu makan dalam jumlah banyak. Sebelum disapih, sebaiknya anak kelinci sudah dibiasakan dengan pakan hijauan. Dengan demikian, saat disapih, anak kelinci dapat langsung mengonsumsi pakan yang berikan, seperti rumput, sayuran, ampas tahu, atau dedak.


Nah, biar lebih jelasnya silahkan tonton vidionya DISINI atau di bawah ini
 

Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger