logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Di situs Vidio.com ada vidio E1.RU diunggah Liputan6.com. Apakah ini pelanggaran hak cipta?.

Di situs Vidio.com ada vidio E1.RU diunggah Liputan6.com. Apakah ini pelanggaran hak cipta?.

Ini mengingatkan kejadian yang menimpa saya beberapa tahun yang lalu... Salah satu akun Youtube saya di laporkan oleh PT. Surya Cipta Media karena saya mengunggah vidio Dangdut Academy Indonesia, yang berdampak pada penghapusan akun Youtub saya. Mungkin sobat juga ada yang senasib dengan saya....

Memang betul setelah saya pahami salah satu masalah terbesar yang situs video-sharing seperti YouTube adalah  berurusan dengan isu seputar pelanggaran hak cipta.

Saya sangat menggemari Dangdut Academy yang di tayangkan di Statsiun Surya cipta Media Group, ketika menonton di tv tersebut saya merekamnya lalu mengupload ke Youtube. Itu adalah konten orang lain dan bukan Konten saya. Maka hal itu digolongkan sebagai pelanggaran Hak Cipta.Menggugah Konten orang lain (Tanpa Izin Jelas) bisa menimbulkan masalah.

Hak Cipta adalah bentuk perlindungan untuk karya tulis, Sastra, drama, music, film, grafis dan audiovisual. Pelanggaran hak cipta terjadi jika karya hak cipta di produksi ulang, ditampilkan atau ditujukan pada publik tanpa izin dari pemilik hak cipta atau tanpa hak hukum melakukannya.

Meskipun Youtube adalah situs bebas, Saya mendapakan masalah serius jika melanggar hak cipta. Saya kehilangan uang dari pendapaan (Monetization) dan lebih buruk lagi Saya kehilangan akun Youtube.

Nah, berarti siapa saja boleh menggunakan konten orang lain selama konten tersebut sudah muncul di YouTube dan diunggah ke situs Vidio.com... Ah, sudahlah mungkin tim liputan6.com sudah meminta izin menduplikat vidio E1.RU

Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

5 komentar

Oke Mang, ini memang perlu untuk kita pahami bersama. soal hukum memang gampang-gampang susah, tepatnya gampang-gampang susah banget.
ini menjadi permenungan kita untuk hati2 kalo udah urusan hak cipta

Balas

ibarat kata hargailah karya orang lain

Balas

jangan copas hal yang populer

Balas

susah hidup di negara pajakmah

Balas

Di dalam TOS dan kebijakan privasi YouTube sangat jelas kalau video rekaman siaran TV tidak boleh diunggah. Memang faktanya banyak saluran YouTube yang hanya mengunggah rekaman siaran TV dan tidak di-banned oleh YouTube. Mungkin karena tidak ada laporan.

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger