logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Pesta Dadung / Budak Angon, Kuningan, Jawa Barat

Pesta Dadung / Budak Angon, Kuningan, Jawa Barat

Setiap menjelang musim tanam padi, masyarakat Kuningan, Cirebon, Jawa Barat mengadakan ritual pesta dadung atau pesta budak angon ini merupakan bagian dari upacara seren taun yang diadakan tiap tanggal 22 Rayagung Zulhijah tahun Hijriah pada perhitungan tahun saka.

Budak angon dalam tradisi sunda bukan hanya dimaknai sebagai penggembala saja., namun sesuai Wangsit Siliwangi, budak angon adalah figur atau pemimpin yang ditunggu, yang sederhana dan dapat melayani orang banyak. Karena itu pesta budak angon atau pesta dadung merupakan upacara yang sakral di masyarakat Kuningan, Jawa Barat, sebagai kelengkapan dari upacara adat seren taun.

Pesta Dadung / Budak Angon, Kuningan, Jawa Barat
 Pesta Dadung / Budak Angon, Kuningan, Jawa Barat


Dadung itu adalah ... Tali tambang injuk yang berwarna hitam, tali injuk ini biasanya dipakai untuk mengikat leher kerbau dan sapi serta bisa dibuat cambuk.

Pesta dadung sebagai upaya untuk menolak bala, kerugian atau hal - hal buruk lainnya, serta menjaga keseimbangan agar hama ( sebagai unsur negatif ) tidak mengganggu kehidupan manusia.

Dalam pelaksanaan pesta dadung didahului oleh sukarianya para budak angon dipimpin seorang pemimpin upacara yang diapit oleh dua orang perempuan sebagai penari ronggeng yang bertugas membuka dan menggulung kembali tali dadungnya dalam sebuah tarian sakral. 

Pesta dadung diakhiri dengan makan tumpeng bersama. Sebuah suguhan budaya yang kian terlupakan adalah tanggung jawab kita semua untuk melestarikannya... 



Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

4 komentar

Wah serukang pestanya.. Semoga budaya kita akan selalu terjaga supaya tidak terdegredasi oleh kemajuan zaman ya kang.! Aamiin

Balas

harus dilestarikan ni mah mang, jangan sampai tergerus oleh zaman, 'kan kasian anak cucu kita kelak kalau gak tahu lagi seni budaya nenek moyangnya, 'tul gak mang?

Balas

wah ini tempat saya mang, hehe masuk sini juga ya...
acara ini memang setiap tahun dilakukan, peminatnya juga masih banyak, dan yang ikut terlibat dalam acara ini banyak juga dari kalangan pelajar, lokasi tetapnya di daerah cigugur :D

Balas

Wah, saya malah baru tahu kalau ada yang namanya dadung budak angon...
Ternyata di Kuningan Jawab Barat masih ada yang Mang...
Semoga bisa terus lestari...
Salam,

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger