logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Ternyata belalang kaya akan gizi

Ternyata belalang kaya akan gizi 

Belalang adalah serangga herbivora. Serangga ini memiliki antena yang hampir selalu lebih pendek dari tubuhnya. Suara yang ditimbulkan beberapa spesies belalang biasanya dihasilkan dengan menggosokkan femur belakangnya terhadap sayap depan atau  stridulasi, atau karena kepakan sayapnya sewaktu terbang. Femur belakangnya umumnya panjang dan kuat yang cocok untuk melompat, atau awal untuk hentakan saat akan terbang.

Untuk bisa membedakan belalang jantan dan belalang betina yaitu... Belalang jantan umumnya berukuran lebih kecil dari belalang betina.

FOTO : Belalang betina ukurannya lebih besar dari belalang jantan
 FOTO : Belalang betina ukurannya lebih besar dari belalang jantan


Bagi kebanyakan masyarakat, belalang dianggap sebagai hewan liar dan hama perusak tanaman. Tetapi di beberapa daerah, hewan ini dimanfaatkan menjadi sumber pangan yang kaya nutrisi.

Secara ilmiah kandungan gizi dalam belalang goreng memang tak bisa dianggap enteng. Belalang goreng ternyata tidak kalah bergizi dibandingkan sumber protein lainya seperti daging sapi.

Masyarakat sebenarnya dapat memanfaatkan belalang untuk membantu memenuhi kecukupan protein, zat yang sangat dibutuhkan untuk perkembangan dan pertumbuhan. Sesuai yang saya ketahui dari ahli gizi.... Selain kadar proteinnya yang sangat tinggi, belalang mengandung beragam jenis mineral seperti kalsium, magnesium, potassium, sodium, fosfor, zat besi, zinc, mangan dan tembaga. Nah, untuk kandungan vitaminnya belalang mengandung beragam vitamin seperti vitamin A, B, B1, B2, B6, E dan C, asam folat hingga berbagai jenis asam lemak.


FOTO : Belalang menclok di pagar batang pohon bambu
FOTO : Belalang menclok di pagar batang pohon bambu 


 
Tetapi masih banyak masyarakan yang enggan mengkonsumsi belalang... mungkin karena melihat bentuknya ya... Coba kalau belalang diolah terlebih dahulu diolah menjadi kuliner yang lebih menarik dan dapat lebih diterima masyarakat. Seperti diolah menjadi tepung atau makanan seperti nugget, bakso atau burger. Kalau sudah diolah tentu akan berbeda dan dapat lebih diterima masyarakat......


Dalam Agama Islam, Belalang adalah salah satu dari dua hewan yang apabila telah terlebih dahulu mati masih dihalalkan untuk dimakan.. Satu lagi yaitu ikan.

Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger