--> Skip to main content

Cara Memegang dan Mengangkat Kelinci yang Benar

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com - Cara Memegang dan Mengangkat Kelinci yang Benar

Dalam pemeliharaan kelinci tentu anda harus mengetahui cara penangannya, salah satunya seperti cara memegang serta mengangkat kelinci yang baik dan benar. Memegang kelinci yang benar tentu akan membuat si kelinci menjadi nyaman dan tidak berontak. Kelinci mempuyai telinga yang panjang yang berfungsi untuk mendengarkan predator yang mendekat ataupun suara yang lain. Pendengaran kelinci sangat tajam, melebihi pendengaran manusia

FOTO: Cara Memegang dan Mengangkat Kelinci yang Benar. Foto dok. mang yono
 FOTO: Cara Memegang dan Mengangkat Kelinci yang Benar. Foto dok. mang Yono

Kemudian yang perlu diperhatikan cara memegang kelinci hendaknya yang benar agar kelinci tidak kesakitan. Cara memegang kelinci harus erat dan hati-hati karena kelinci sering berontak bila tidak merasa aman dan nyaman. Kelinci yang masih muda dapat dipegang langsung pada pinggangnya erat-erat. Kelinci dewasa dipegang dengan cara memegang kulit bagian kuduk erat-erat dengan tangan kanan dan pada saat yang bersamaan tangan bagian kiri menyangga badan
i. Jangan memegang atau mengangkat kelinci dari telinganya, karena akan merusak jaringan telinga kelinci disamping menimbulkan rasa sakit pada kelinci.
       
ii. Angkat kelinci dengan cara memegang kulit dan tengkuknya dengan tangan kanan / tangan kiri kemudian diangkat dan di balik sehingga bagian perut kelinci ada di atas.
          
iii. Tangan kiri / tangan kanan kita memegang bagian belakang (dekat dengan ekor) kelinci sehingga mirip seperti menggendong bayi.
       
Agar kelinci saat anda pegang atau gendong tidak berontak, perlakukan kelinci selayaknya keluarga anda sendiri, seperti di elus-elus dengan kasih sayang. Kelinci mempunyai insting alami apabila mereka diperlakukan secara kasar tentu mereka juga akan kasar dan lari dari anda.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comments
0 Comments