logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Cara Memilih Daun Singkong Untuk Dimasak Ditumbuk.

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com - Cara Memilih Daun Singkong

Tidak semua jenis daun singkong itu cocok buat dimasak dengan ditumbuk. Karena itu buat memasak sayur daun singkong tumbuk ini, perlu memilih daun singkong yang tepat agar rasanya lebih lezat.

Cara Memilih Daun Singkong
Cara Memilih Daun Singkong

Di pasar sayuran yang banyak beredar, umumnya ialah jenis daun singkong karet, dengan ciri-ciri daunnya besar-besar dengan tangkai berwarna merah. Permukaan daun sedikit kasar dan warnanya hijau tua atau hijau gelap. Jenis daun singkong ini kurang cocok buat dimasak dengan ditumbuk.

Daunnya yang agak keras dan juga kandungan getahnya yang lebih banyak, menjadikan jenis daun singkong karet ini kurang pas buat dimasak tumbuk. Karena buat memasak daun singkong karet ini harus direbus dua kali. Rebusan pertama buat menghilangkan getah atau racunnya, rebusan kedua buat memasaknya.

Jenis singkong karet memang aslinya bukan buat diambil daunnya sebagai sayuran, tetapi umbinya yang besar-besar biasanya yang lebih banyak dimanfaatkan. Namun pada kenyataannya, ketika pohon singkong karet ini dipanen, daunnya juga banyak yang memanfaatkannya untuk dijual.

Sebenarnya, daun singkong yang enak dan cocok buat dimasak sebagai sayuran ialah singkong Jawa. Demikian banyak orang menyebut jenis singkong ini. 

Ciri-ciri daun singkong Jawa ini ialah :
  • daunnya kecil-kecil, 
  • tangkai daun kuning kehijauan atau merah muda, 
  • rona daunnya lebih banyak hijau cerah dan permukaannya lebih halus.

Karena daunnya yang halus ini, menjadikan daun singkong jenis singkong jawa ini lebih cepat empuk saat dimasak, sehingga rasanya jadi lebih lezat dan enak. Sebab proses matangnya lebih cepat, maka kandungan gizinya juga tak banyak yang terbuang.

Selain lebih cepat matang, daun singkong Jawa ini juga kandungan getahnya tak sebanyakpada singkong karet. Jadi dalam merebusnya dapat langsung sekaligus dengan memasaknya.

Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger