logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Cara semai Nangka dari biji

Sampurasun ... Rampes.

Cara semai Nangka dari biji

MANGYONO.com - Pohon Nangka merupakan salah satu jenis tanaman yang menghasilkan buah dengan nama yang sama, Buah Nangka berbentuk oval dengan kulitnya bergerigi seperti buah durian namun ukurannya durinya pada kulit nangka tidak sebesar durian. 


Buah nangka yang sudah matang dapat dimafaatkan sebagai bahan pembuat minuman seperti jus maupun es campur, namun juga bisa dinikmati langsung tanpa diolah. Selain dimanfaatkan saat sudah matang, buah nangka biasanya banyak digunakan sebagai bahan masakan seperti bahan pembuat gudeg, pecel, lotek.

Umumnya perbanyakan tanaman nangka dilakukan dengan menggunakan bijinya,karena perbanyakkan dengan cangkok atau okulasi hanya sedikit persentase jadinya. Hal ini mungkin disebabkan kandungan lateksnya/getahnya yang dapat menghambat proses persatuan.

 FOTO 1 : 6 biji nangka dari pohon yang berbuah pendek

Biji nangka yang akan saya semai ini berasal dari pohon nangka berbuah pada ketinggian puluhan centimeter saja dari atas tanah. Jumlah biji yang saya semai jumlahnya ada 6 biji.

Kondisi ini tentu menyenangkan pemiliknya, selain terlihat eksotis dan sedap dipandang apalagi ditanam depan rumah, perawatan buah-buah nangka yang pendek tentu menjadi lebih mudah. 


Nah untuk pembibitan buah nangka yang paling sering dilakukan adalah melalui bijinya, pembibitan dilakukan dengan melakukan penyemaian biji nangka dari buah nangka yang sudah tua dan matang. Sebelum melakukan penyemaian, biji nangka harus dibersihkan dari daging nangka yang masih tersisa dan juga lendir-lendir yang terkandung dalam kulit bijinya. 

Sebelum dilakukan penyemaian, biji beton sebaiknya direndam kembali dalam air hangat dan biarkan selama 2 hari di dalam rendaman air. Setelah itu angkat dan tiriskan.
 
Untuk membudidayakan pohon nangka dari biji dapat dilakukan dengan beberapa langkah berikut ini:
i. Siapkan media semai berupa polybag atau pot kecil yang diisi dengan campuran tanah dan pupuk kandang, jumlah pot disesuaikan dengan jumlah bibit yang akan disemai. Pada saat penyemaian, 1 polybag hanya untuk 1 biji nangka saja. Lihat foto 2 dibawah ini


FOTO 2 : Mengisi pot kecil dengan media tanah dan pupuk kandang
FOTO 2 : Mengisi pot kecil dengan media tanah dan pupuk kandang

ii. Benamkan biji nangka ke media semai setebal biji. Lihat foto 3 dibawah ini

FOTO 3 : Membenamkan biji nangka ke media semai setebal biji
 FOTO 3 : Membenamkan biji nangka ke media semai setebal biji


iii. Setelah itu ditutup lapisan tanah tipis menggunakan media tanam yang telah disiapkan. Lihat foto 4 dibawah ini.

FOTO 4 : Penutupan biji nangka menggunakan media tanah
 FOTO 4 : Penutupan biji nangka menggunakan media tanah 

iv. Lakukan penyiraman sehari sekali pada sore hari. Biarkan sampai bibit nangka tumbuh dan mencapai tinggi batang 60cm-70cm atau diameter batang sekitar 1,5cm untuk siap ditanam ke lahan tanam permanen.


Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger