--> Skip to main content

Gigi Keueuseun Menghiasi Senyum si Kecil

Gigi Keueuseun Menghiasi Senyum si Kecil.

MANGYONO.com - Anak saya berumur 4 tahun dan ia memiliki gigi geripis kehitaman. Apakah gigi geripis (ompong kehitaman) ini bisa merusak gigi yang nantinya akan mengantikan gigi susu tersebut?.

Keueuseun = Huntuna goreng, tur teu rata, kasakit huntu budak huntuna harideung 

Gigi Keueuseun Menghiasi Senyum si Kecil. Foto Gigin anak admin
Gigi Keueuseun Menghiasi Senyum si Kecil. Foto Gigin anak admin


Seiring dengan bertambahnya usia anak, secara alami memang gigi susunya akan berganti dengan gigi tetapnya. Tak terkecuali dengan deretan gigi-gigi Keueuseun atau geripis tadi. Meski toh pada akhirnya akan "gugur" juga.

Anak saya ini memiliki kegemaran makan yang manis-manis. Istri saya padahal suka untuk menyikat gigi sikeci.
Kata bu Dokter .... Kebiasaan minum susu menjelang tidur dengan terlalu lama, kebiasaan mengulum permen, dan makan makanan yang manis dapat menyebabkan keueuseun alias karies (gigi berlubang).

Saat si kecil mulai terlelap, mulut dan seluruh giginya akan terendam susu yang masih tersisa di dalam mulutnya. Kemudian, susu ini akan berubah menjadi asam, nah asam inilah yang merusak gigi si kecil.

Katanya... Jika mulut terendam seluruhnya, maka gigi yang rusak pun boleh dikatakan menyeluruh. Kerusakan ini akan bertambah parah, bila susu yang diberikan mengandung gula.

Biasanya, kerusakan gigi ditandai dengan warna gigi menjadi kehitaman, lalu lambat laun seluruh bagian gigi tersebut rusak dan tampak seperti gigi yang berwarna hitam / keueuseun (gigis) dan ompong .

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comments
0 Comments