logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Gigi Keueuseun Menghiasi Senyum si Kecil

Gigi Keueuseun Menghiasi Senyum si Kecil.

MANGYONO.com - Anak saya berumur 4 tahun dan ia memiliki gigi geripis kehitaman. Apakah gigi geripis (ompong kehitaman) ini bisa merusak gigi yang nantinya akan mengantikan gigi susu tersebut?.

Keueuseun = Huntuna goreng, tur teu rata, kasakit huntu budak huntuna harideung 

Gigi Keueuseun Menghiasi Senyum si Kecil. Foto Gigin anak admin
Gigi Keueuseun Menghiasi Senyum si Kecil. Foto Gigin anak admin


Seiring dengan bertambahnya usia anak, secara alami memang gigi susunya akan berganti dengan gigi tetapnya. Tak terkecuali dengan deretan gigi-gigi Keueuseun atau geripis tadi. Meski toh pada akhirnya akan "gugur" juga.

Anak saya ini memiliki kegemaran makan yang manis-manis. Istri saya padahal suka untuk menyikat gigi sikeci.
Kata bu Dokter .... Kebiasaan minum susu menjelang tidur dengan terlalu lama, kebiasaan mengulum permen, dan makan makanan yang manis dapat menyebabkan keueuseun alias karies (gigi berlubang).

Saat si kecil mulai terlelap, mulut dan seluruh giginya akan terendam susu yang masih tersisa di dalam mulutnya. Kemudian, susu ini akan berubah menjadi asam, nah asam inilah yang merusak gigi si kecil.

Katanya... Jika mulut terendam seluruhnya, maka gigi yang rusak pun boleh dikatakan menyeluruh. Kerusakan ini akan bertambah parah, bila susu yang diberikan mengandung gula.

Biasanya, kerusakan gigi ditandai dengan warna gigi menjadi kehitaman, lalu lambat laun seluruh bagian gigi tersebut rusak dan tampak seperti gigi yang berwarna hitam / keueuseun (gigis) dan ompong .


Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger