--> Skip to main content

Hebat... Biscuit Dari Daun Kelor dari Fakultas Teknologi Pertanian UNEJ ( Universitas Jember )

Sampurasun ... Rampes.

Hebat... Biscuit Dari Daun Kelor dari Fakultas Teknologi Pertanian UNEJ ( Universitas Jember )

MANGYONO.com - Tadi saya nonton berita di Tipi Indosiar tentang Mahasiswi Fakultas Teknologi Pertanian UNEJ ( Universitas Jember ) yang memanfaatkan daun kelor untuk dibuat stik biskuit atau yang diberi nama iberi nama Moracky (Moringa Oleifera Stick Yummy) .

Hebat... Biscuit Dari Daun Kelor dari Fakultas Teknologi Pertanian UNEJ ( Universitas Jember )
Hebat... Biscuit Dari Daun Kelor dari Fakultas Teknologi Pertanian UNEJ ( Universitas Jember )


Siapa sangka bahwa daun kelor yang biasa dikenal sebagai “pengusir setan dan mengeluarkan susuk” di kalangan masyarakat jaman dahulu bisa disulap menjadi sebuah tepung yang nantinya bisa dimanfaatkan menjadi produk olahan makanan yang sehat dan bergizi dan dapat menyembuhkan penyakit kangker. Hal tersebut dibuktikan oleh Sofi Mahasiswi Fakultas Teknologi Pertanian UNEJ ( Universitas Jember )

Sofi bersama ketiga temannya berhasil menciptakan sebuah produk berupa stick biskuit yang terbuat dari tepung daun kelor. Produk yang diberi nama Moracky (Moringa Oleifera Stick Yummy)

Menurut Sofi, alasan utama digunakannya daun kelor sebagai bahan baku mentah tersebut adalah masih sedikitnya produk olahan makanan yang memanfaatkan daun kelor. “Kami menggunakan daun kelor sebagai bahan baku dari produk kami karena kami melihat bahwa daun kelor ini masih sangat sedikit sekali dimanfaatkan dan diolah menjadi produk makanan jadi. Padahal, serbuk daun kelor itu sendiri memiliki kandungan vitamin dan nutrisi lainnya yang sangat bagus bagi kesehatan tubuh. Selain itu, kelor sendiri mengandung lebih dari empat puluh anti oksidan dan juga biasa digunakan dalam pengobatan tradisional untuk mencegah lebih dari 300 penyakit.

Moracky yang terbuat dari kombinasi antara tepung terigu dan tepung daun kelor ini diharapkan mampu memberikan terobosan baru yang dapat bermanfaat dalam dunia kuliner yang lezat dan menyehatkan. Sofi juga menambahkan bahwa proses pembuatan dari tepung daun kelor ini sendiri tidaklah sulit. Sofi bersama tim mengawali pembuatan tepung daun kelor dengan cara memisahkan daun kelor yang sudah dicuci dari batangnya. Daun kelor yang sudah dipilih tersebut kemudian dikeringkan pada suhu 35-40oC selama tiga hari dan tidak boleh terkena sinar matahari secara langsung karena akan merusak nutrisi yang terdapat dalam daun kelor itu sendiri. Setelah itu barulah di oven dan dilakukan pengolahan pembuatan biscuit Moracky. Campuran dari tepung kelor yang sudah jadi digunakan sebanyak 5% kedalam adonan biskuit stik berbalut coklat tersebut.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comments
0 Comments