--> Skip to main content

Membuat Ketupat Lebaran Dari Janur Daun Kelapa

Membuat Ketupat Lebaran Dari Janur Daun Kelapa 

Lebaran telah tiba, hidangan khas lebaran menanti, ketupat sayur dan opor ayam...hmmm nikmat.... sedapnya.

Dulu saya masih suka membuat sendiri bungkus ketupat dari daun kelapa atau yang lebih dikenal dengan nama janur. Daun kelapa yang bisa dipakai adalah daun yang masih muda yaitu yang diambil dari bagian paling atas pohon kelapa, alias tunas pucuknya jadi daun tersebut masih menempel pada satu tangkai dan masih berwarna kuning.

Membuat Ketupat Lebaran Dari Janur Daun Kelapa
 FOTO : Ketupat Lebaran Dari Janur Daun Kelapa

Pemilihan daun kelapa muda ini bukan tanpa alasan, untuk membuat ketupat kita membutuhkan daun kelapa yang masih lentur sehingga mudah dibentuk. Daun yang sudah tua teksturnya sudah kaku dan mudah patah sehingga tidak bagus dan kurang rapih digunakan untuk membuat bungkus ketupat.

Meskipun saya sekarang sudah sangat jarang membuat bungkus ketupat sendiri karena kesulitan untuk mendapatkan bahan bakunya yaitu daun kelapa yang masih muda, lebih banyak dikasih soalnya, seperti sekarang ini dikasih ketupat kosong oleh Mang Ato ( Ki Lengser ) Guru MTs dan SMK Mekarwangi, Pagaden Barat, Subang.... Sudah terima jadi hehe... Tinggal mengisi, memasak dan tinggal menyantapnya... Hehehe.


Nah, karena bungkus ketupat dari daun kelapa dikasih ya tinggal memasukan bahan dan memasak ketupat, berikut ini cara memasukan beras dan memasak ketupat : 

Membuat Ketupat Lebaran Dari Janur Daun Kelapa

i. 1 liter beras (untuk 10 bungkus ketupat) 
ii. Garam sedikit saja 
iii. Cuci bersih beras "isikan", rendam dalam air plus sedikit garam selama lebih kurang 2 jam, lalu tiriskan 
iv. Masukkan beras tadi kedalam ketupat isi sampai setengah penuh. 
v. Setelah semua ketupat terisi beras, masak selama lebih kurang 4 jam 
vi. Setelah matang, segera siram dengan air dingin dan gantung ketupat pas hari H-nya setelah shalat Idul Fitri bisa disantap bareng keluarga....

Untuk membuat kuahnya silahkan baca di Ketupat Lebaran Yang Enak Bersama Keluarga

   
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comments
0 Comments