logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Nikmatnya Kabebeye Atau Bebecek, Kakaren Lebaran

Nikmatnya Kabebeye Atau Bebecek, Kakaren Lebaran

MANGYONO.com - Lebaran tahun ini 2016 atau 1437 H agak istimewa, mengapa?  Karena lebaran kompak jatuh pada hari Rabu 06 Juli. Bagi khususnya ibu-ibu di dapur selalu merencanakan managemen makanan atau pasakan khas lebaran, yang bukan hanya kue yang tahan lama akan tetapi pasakan basah yang mempunyai masa kadaluwarsa.

Banyak rumah tangga yang mempersiapkan ketupat dan kare ayam sejak hari Selasa , maksudnya biar buka terakhir sudah bisa takjil langsung kuah ketupat dan kare ayam. Pasakan basah dan tumis-tumis makanan yang tidak tahan lama alias cepat basi. Tapi juga itu tidak terlalu persoalan besar karena selalu ada jalan keluar dan selalu ada solusinya.

FOTO : Kabebeye / Bacetrok Atau Bebecek, Kakaren Lebaran
FOTO : Kabebeye / Bacetrok Atau Bebecek, Kakaren Lebaran

Kabebeye Atau Bebecek kalau diterapkan di makanan adalah makanan sisa hajatan atau sisa lebaran. Tumis-tumis, yang kalau di Subang disebut Lodeh, yaitu berupa Lodeh kentang, opor ayam, kare ayam, dan sebagainya. Nah, agar tumis-tumis atau lodeh - lodeh tidak basi maka dimasak biar awet
menjadi Kabebeye atau bebecek 

Seperti tadi saya sebutkan bahwa ibu-ibu di dapur selalu punya jalan keluar agar jangan sampai makanan itu terbuang percuma maka jadilah masakan tersebut menjadi kakaren yang masih sedap kalau disantap. Caranya masakan basah tersebut dimasak dicampurkan menjadi satu dalam kuali yang besar dan orang Pagaden Barat punya nama yakni Kabebeye / Bacetrok atau ada juga yang menyebutnya dengan bebecek. Tak peduli campuran masakan itu akan “sejuta rasanya” tapi terus terang kalau dimakan pada hari ketiga atau seterusnya rasanya enak dan nikmat.

FOTO : Kabebeye / Bacetrok Atau Bebecek, Kakaren Lebaran di atas tungku hawu
 FOTO : Kabebeye / Bacetrok Atau Bebecek, Kakaren Lebaran di atas tungku hawu

Kabebeye atau Bebecek adalah makanan daur ulang tersebut telah dilakukan ibu-ibu secara turun temurun, sehingga lidah orang Pagaden Barat, Subang selalu ketagihan makanan kakaren berupa Kabebeye atau Bebecek.
“bade nyobian Kabebeye atau Bebecek ?” (“mau mencoba Kabebeye atau Bebecek ?”)

Sekali Lagi "Kabebeye atau Bebecek " Lebaran In "Kuliner"..... Hehehhe


Baca juga :  
Membuat Ketupat Lebaran Dari Janur Daun Kelapa  
Ketupat Lebaran Yang Enak Bersama Keluarga




Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

2 komentar

Mirip dikampungku. Sampai kuahnya habis :)

Balas

Ini bisa jadi solusi kalau makanan sisa hajatan nggak habis, bisa untuk lauk pada hari-hari berikutnya yang tentu bisa menghemat kebutuhan pangan.

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger