logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Nikmatnya Makan Alas Daun Jati

Nikmatnya Makan Alas Daun Jati

MANGYONO.com - Penggunaan daun pisang sebagai pembungkus / alas makanan dikenal luas di Indonesia terutama di pulau Jawa. Hal ini dikarenakan ketersediaan pohon pisang, terutama pohon pisang batu yang cukup banyak di Jawa.

Selain daun pisang alas daun lainnya yang digunakan untuk alas makanan adalah daun jati dan daun patat. Daun jati ini bahkan kabarnya memiliki khasiat, yakni mematikan bakteri pada tangan dan makanan. Misalnya, tangan kita belum dicuci dan langsung memakan nasi atau makanan yang dibungkus daun jati, kabarnya bulu-bulu halus pada daun jati akan mematikan bakteri pada tangan sehingga kita bisa menyantap makanan dengan nikmat tanpa ragu dengan kuman dan bakteri penyakit.

Nikmatnya Makan Alas Daun Jati


Nah,.... Selain itu, daun jati yang masih segar memberikan aroma khas pada makanan yang dapat menggugah selera. Orang tua jaman dahulu di kampung saya sudah terbiasa menggunakan daun jati sebagai alas makanan atau pengganti piring. 


Sayangnya, populasi penduduk yang semakin bertambah, membuat keberadaan daun-daun pembungkus makanan itu, tak lagi bisa ditanam di pekarangan rumah, harus dibudidayakan di kebun khusus sehingga nilai ekonomisnya menjadi tinggi. Orang pun beralih menggunakan pembungkus kertas berlapisan plastik, plastik, styrofoam, piring kaca dan bahan bikinan pabrik lainnya, untuk alas makanan. Padahal, makanan berbungkus daun, lebih nikmat lho aroma-nya......  


 

Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger