--> Skip to main content

Nikmatnya NASI TUTUG ONCOM

Nikmatnya NASI TUTUG ONCOM

Nasi tutug oncom sebuah makanan khas daerah Sunda Jawa Barat. Nasi tutug oncom yang populer ini memang sangat menarik dan tentunya enak, apalagi jika ditambah sambal, daging ayam, dan bahan-bahan yang lain sehingga membuat nasi tutug oncom tersebut menjadi nasi tutug oncom komplit ... Pliiit... Hehhee.

Nah, nasi tutug oncom adalah nasi yang dicampur dengan bahan oncom, entah itu oncom goreng ataupun oncom bakar. Nasi tutug oncom ini sangat pas jika disantap dalam keadangan masih hangat dan nasinya nasi pulen. 

 Nasi tutug oncom.
 Nasi tutug oncom.


Pengen tau cara membuatnya... silahkan:

Bahan :
    100 gram oncom Bandung
    i genggam daun kemangi dicuci bersih
    1 mangkok nasi putih
    2 lembar daun jeruk
    2 sendok makan minyak sayur

Bumbu yang dihaluskan :
    2 butir bawang merah
    1 siung bawang putih
    2 cm kencur
    cabe rawit secukupnya (sesuai selera)
    1 sendok teh garam
    1/2 sendok teh penyedap rasa
    1/4 gandu gula merah

Cara Membuat Nasi Tutug Oncom :
i. Campurkan oncom dengan bumbu-bumbu yang sudah dihaluskan, Ulek atau haluskan kembali dan aduk hingga semua tercampur rata antara oncom dan bumbunya.

ii. Panaskan minyak dalam wajan, masukkan oncom yang sudah dicampur bumbu tadi kemudian masak sambil dioseng-oseng hingga agak kering. Masukkan daun jeruk dan daun kemangi, oseng lagi sampai oncom matang dan berwarna kecoklatan. Matikan api.

iii. Masukkan nasi lalu aduk-aduk hingga nasi tercampur rata dengan bumbu oncom, angkat dan siap dihidangkan..... Selamat menikmati

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comments
0 Comments