logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Siapa Pasukan Oranye Yang Bersih-bersih Kali Jakarta itu?

Siapa Pasukan Oranye Yang Bersih-bersih Kali Jakarta itu?

Perlahan tetapi pasti, sungai - sungai di Jakarta yang identik dengan sampah dan bau menyengat kini berubah. Saat ini, sungai-sungai di Jakarta mulai dibebaskan dari tumpukan sampah dan lumpur. Bahkan, ada yang bisa digunakan oleh anak-anak untuk mandi dan bermain air.

Bersihnya sungai di Jakarta tak lepas dari peran para petugas yang tak henti - hentinya memungut sampah di sana. Warga menjuluki mereka dengan sebutan "Pasukan Oranye". Siapakah "Pasukan Oranye" ini?.

Penampakan sungai di Central Park, Jend S Parman Kav 28,Tanjung Duren Selatan, Grogol Petamburan, Jakarta Barat, Indonesia yang bebas dari sampah (Foto: mangyono.com)
Siapa Pasukan Oranye Yang Bersih-bersih Kali Jakarta itu?. Penampakan sungai di Central Park, Jend S Parman Kav 28,Tanjung Duren Selatan, Grogol Petamburan, Jakarta Barat, Indonesia yang bebas dari sampah (Foto: mangyono.com)


Menurut Kepala Dinas Kebersihan DKI Jakarta Isnawa Adji "Pasukan Oranye" itu adalah Pekerja Harian Lepas (PHL) Unit Pengelola Kebersihan (UPK) Badan Air Dinas Kebersihan DKI Jakarta.

Banyak yang menduga - duga para "Pasukan Oranye" ini adalah petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU). Petugas yang bersihin sampah di dalam sungai itu PHL kebersihan dari UPK Badan Air. Kalau PPSU bagian membersihkan got... Memang sih PHL dan PPSU sama-sama disebut "Pasukan Oranye" karena mengenakan seragam berwarna oranye. Warna oranye itu trademark Dinas Kebersihan dari tahun 60-an.

Kebersihan sungai di Jakarta baru ditangani Dinas Kebersihan pada tahun 2012. Sebelumnya, kebersihan sungai merupakan tupoksi Dinas Pekerjaan Umum (PU) DKI Jakarta. Kini, kinerja "Pasukan Oranye"-lah yang jadi andalan pembersihan sungai di Jakarta.




Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger