logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Tradisi Ngaliwe Orang Sunda Sebuah Tradisi Akan Kebersamaan

Tradisi Ngaliwe Orang Sunda Sebuah Tradisi Akan Kebersamaan 

Ngaliwet mungkin sudah tidak asing lagi di telinga sobat. Ngeliwet sebenarnya adalah suatu nama yang digunakan untuk cara memasak nasi yang paling sederhana .... Mencampur air dengan beras yang sudah dicuci, kemudian merebusnya di atas api sedang hingga airnya habis dan nasi pun masak. 

Di tiap daerah mungkin terdapat perbedaan cara dan nama untuk ngaliwet, ada yang memasaknya dengan ditambahi dengan garam, rempah-rempah, serai, santan serta dengan tambahan ikan asin ataupun bahan tambahan lain yang diletakkan diatas nasi saat dimasak sehingga nasi yang dimasak menjadi terasa gurih seperti nasi uduk. Nah... Cara memasak Nasi seperti ini mungkin adalah khas di Tanah Sunda. 


Ngaliwet yang ada di Tanah Sunda lebih dari sekedar memasak nasi namun sebuah tradisi masyarakat dengan banyak sekali manfaat yang bisa diambil. Ngaliwet merupakan Tradisi Masak dan Makan bersama yang sangat baik utuk membina kebersamaan dan keakraban diantara sesama dan tetangga ataupun kerabat. 


Nasiliwet, ikan peda bakar, lalapan, karedok dan sambel sudah siap
 Nasiliwet, ikan peda bakar, lalapan, karedok dan sambel sudah siap

Untuk bahan yang dimasak tergantung selera bersama .... biasanya ketika akan dilakukan ngaliwet maka yang hadira akan saling patungan untuk mendapatkan bahan makanan yang dibutuhkan. Sungguh suatu kebersamaan yang tiada bandingnya

Saya dan tetangga hari ini merasakan kebersaman Ngaliwet. Dimulai dengan acara bakar Ikan Peda dan Nasi Liwet dibawah pohon rambutan yang rindang lebih tepatnya dibelakang rumah admin. Suasana kebersamaan disiang ini bisa berkumpul bersama dengan tetangga saling bantu - membantu memasak dengan diiringi canda dan tawa. Padahal yang ngeliwet dan menyiapkan semuanya sebenarnya adalah ibu mertua dan tetangga, saya hanya menunggu makanan matang, heheheh Kepulan asap dari kayu bakar dan arang yang digunakan untuk masak mulai berkurang dan menunjukkan bahwa acara masak bersama ini telah hampir selesai dan tinggal menunggu giliran tradisi selanjutnya untuk menikmati hasil masakan tadi dengan bersama-sama. 

Babak pertama dimulai.... Hehehe
 Babak pertama dimulai.... Hehehe

Daun pisang mulai digelar memanjang dibawah rindangnya pohon rambutan dan tak lupa nasi mulai disebar beserta ikan peda bakar, karedok, lalapan dan sambel yang mengiringi. Setelah semua telah siap dihidangkan mulailah makan bersama dengan duduk menikmati Nasi Liwet yang Gurih dan di hidangkan diatas daun pisang. 

Suasana kebersamaan yang cukup menambah memori keindahan. Canda tawa untuk saling mengakrabkan juga tak sepi mewarnai makan bersama ini. Hingga selesai makan suasana keakraban masih saja terpelihara. 

Selanjutnya personil pun berganti ... dengan dilanjutkannya babak ke dua... hehhee

Babak kedua dimulai.... Hehehe
 Babak kedua dimulai.... Hehehe


Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger