--> Skip to main content

Cara membuat benih cabe rawit sendiri dengan mudah.

Sampurasun ... Rampes.

Cara membuat benih cabe rawit sendiri dengan mudah.

MANGYONO.com - Saat ini dipasar - pasar cabe rawit memang sedang menjadi idola, karena harganya yang melambung tinggi seperti harga emas. 

Nah, jika harga cabe rawit mahal hal seperti sekarang ini adalah hal yang wajar saja. Mungkin bagi orang yang bukan petani merasa jengkel dengan melambungnya harga cabe rawit dipasar, mereka tidak tahu betapa beratnya petani memproduksi cabe yang kemudian mereka santap dimeja makan. Taunya cuma makan doang... Mereka tidak memahami berbagai kendala yang dialami petani dari mulai menyiapkan benih, menyemai, menanam, memupuk hingga menyemprotkan pestiasida dan untuk bisa memetik cabe rawit tersebut harus dilakukan secara tepat dan serius.

Cara membuat benih cabe rawit sendiri dengan mudah.
 Cara membuat benih cabe rawit sendiri dengan mudah.

Benih cabe rawit dikios pertanian yang dijual ada dua jenis benih yaitu OP dan hibrida. OP adalah benih lokal tapi mempunyai berbagai kelebihan. Sedangkan hibrida merupakan hasil persilangan dari dua indukan yang berkualitas, sehingga diharapkan anaknya bisa mewarisi dua sifat induknya tersebut. 

Tapi.... Bagi sobat yang merasa sayang mengeluarkan uang untuk membeli benih di kios pertanian bisa sobat membuat benih cabe rawit sendiri dengan mudah.

Memang sih membuat benih cabe rawit itu bisa tinggal sayat cabe lalu tanam. Akan tetapi kalau kita ingin membuat benih cabe yang berkualitas tentu ada berbagai perlakukan yang harus kita lalui.... Betul tidak?.

Nah.... Sekarang saya cara membuat benih cabe rawit sendiri dengan mudah. Langkah-langkahnya adalah: 

i. Untuk mendapatkan benih kita harus memetik langsung dari pohon indukan nya, supaya kita mengetahui dan memastikan bahwa buah cabai calon bibit bener-bener tua.

ii. Setelah buah cabai calon bibit didapat kemudian dikupas kulitnya dan diambil bijinya, hati-hati dalam melakukan ini, supaya tangan kita tidak cacabeeun, karena kulit terkena cairan cabai rasanya panas menyengat dan lama sembuhnya.

Sayat kulit cabenya dan keluarkan bijinya
 Sayat kulit cabenya dan keluarkan bijinya

iii. Setelah itu biji yang telah kita dapatkan kemudian di jemur untuk memastikan semua kering, karena setelah kering kita dapat menyortir mana kualitas biji yang kurang bagus untuk dibuang.

Bersambung ke cara penyemaian cabe rawit...
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comments
0 Comments