--> Skip to main content

Cara memlihara kelinci agar tak mudah mati

Sampurasun ...

Cara memlihara kelinci agar tak mudah mati

MANGYONO.com - Kelinci itu termasuk binatang yang lucu, unik dan menarik bahkan sangat mengemaskan sehingga wajar jika banyak orang yang menyukai jenis hewan liar ini terutama anak saya yang kecil "Gigin".  


Nah bagi yang ingin memelihara dan ingin berhasil, biasanya orang yang belum tau caranya ... Bisa sih bisa tapi tidak akan bertahan lama atau tidak sampai besar lalu mati.  Hal itu biasanya terjadi jika yang dipelihara anak kelinci yang masih terlalu kecil.
FOTO : Anak kelinci lucu
FOTO : Anak kelinci lucu

Umumnya anak-anak menyukai binatang ini karena terlihat sangat menyenangkan dan tidak membahayakan, beda banget dengan kucing yang kadang mencakar saat dipegang anak - anak.

Peminat pasar terhadap daging kelinci belakangan ini terus meningkat sedang peternak kelinci sedikit sehingga tidak mampu memenuhi kebutuhan pasar.

Langkanya daging kelinci di Indonesia karena kurangnya ketertarikan masyarakat untuk beternak kelinci sehingga pasokan kelinci terbilang kecil dibandingkan dengan daging jenis binatang lain seperti sapi, kambing atau ayam.

Jika anda tertarik dengan beternak kelinci tidak ada salahnya jika memilihara kelinci untuk membuka peluang meraih penghasilan...., Lalu bagaimana cara memlihara kelinci?. Berikut ini cara memlihara kelinci agar tak mudah matia :

1. Memberi makan
Makanan yang paling disukai binatang ini jenis sayuran atau umbi-umbian seperti sayur sawi, kangkung, wortel, daun ketela rambat, kol dll.
 
2. Pembersihkan Kandang secara rutin
Meskipun kelinci suka tempat teduh tapi ia tidak suka tempat lembab, sebaiknya selalu buang sisa makanan yang ada dalam kandang dan kotoran, kencing kelinci secara rutin agar kelinci tak mudah stres dan mati.

3. Jangan Suka Dipegang
Dengan memegang kelinci maka kelincinya akan stres, apalagi kalau memegang kelinci dengan cara yang salah.

4. Sebaiknya memelihara 2 Ekor Kelinci
Sebaiknya jangan memelihara 1 ekor kelinci, karena akan lebih cepat mati penyebabnya kelinci tidak punya teman sehingga membuat ia stres, dan kesepian... hehehe. Berbeda sekali kalau memelihara 2 ekor kelinci atau lebih dan ditempatkan dalam satu kandung bisanya kelinci akan tampak senang.


 FOTO : Sepasang kelinci sedang mojok ... hehehe
 FOTO : Sepasang kelinci sedang mojok ... hehehe
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comments
0 Comments