logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Cara memlihara kelinci agar tak mudah mati

Sampurasun ...

Cara memlihara kelinci agar tak mudah mati

MANGYONO.com - Kelinci itu termasuk binatang yang lucu, unik dan menarik bahkan sangat mengemaskan sehingga wajar jika banyak orang yang menyukai jenis hewan liar ini terutama anak saya yang kecil "Gigin".  


Nah bagi yang ingin memelihara dan ingin berhasil, biasanya orang yang belum tau caranya ... Bisa sih bisa tapi tidak akan bertahan lama atau tidak sampai besar lalu mati.  Hal itu biasanya terjadi jika yang dipelihara anak kelinci yang masih terlalu kecil.
FOTO : Anak kelinci lucu
FOTO : Anak kelinci lucu

Umumnya anak-anak menyukai binatang ini karena terlihat sangat menyenangkan dan tidak membahayakan, beda banget dengan kucing yang kadang mencakar saat dipegang anak - anak.

Peminat pasar terhadap daging kelinci belakangan ini terus meningkat sedang peternak kelinci sedikit sehingga tidak mampu memenuhi kebutuhan pasar.

Langkanya daging kelinci di Indonesia karena kurangnya ketertarikan masyarakat untuk beternak kelinci sehingga pasokan kelinci terbilang kecil dibandingkan dengan daging jenis binatang lain seperti sapi, kambing atau ayam.

Jika anda tertarik dengan beternak kelinci tidak ada salahnya jika memilihara kelinci untuk membuka peluang meraih penghasilan...., Lalu bagaimana cara memlihara kelinci?. Berikut ini cara memlihara kelinci agar tak mudah matia :

1. Memberi makan
Makanan yang paling disukai binatang ini jenis sayuran atau umbi-umbian seperti sayur sawi, kangkung, wortel, daun ketela rambat, kol dll.
 
2. Pembersihkan Kandang secara rutin
Meskipun kelinci suka tempat teduh tapi ia tidak suka tempat lembab, sebaiknya selalu buang sisa makanan yang ada dalam kandang dan kotoran, kencing kelinci secara rutin agar kelinci tak mudah stres dan mati.

3. Jangan Suka Dipegang
Dengan memegang kelinci maka kelincinya akan stres, apalagi kalau memegang kelinci dengan cara yang salah.

4. Sebaiknya memelihara 2 Ekor Kelinci
Sebaiknya jangan memelihara 1 ekor kelinci, karena akan lebih cepat mati penyebabnya kelinci tidak punya teman sehingga membuat ia stres, dan kesepian... hehehe. Berbeda sekali kalau memelihara 2 ekor kelinci atau lebih dan ditempatkan dalam satu kandung bisanya kelinci akan tampak senang.


 FOTO : Sepasang kelinci sedang mojok ... hehehe
 FOTO : Sepasang kelinci sedang mojok ... hehehe

Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger