--> Skip to main content

Dapat bantuan pompa dari pemerintah petani Tegalsungsang, Subang, tanam padi kembali

Sampurasun ...

Dapat bantuan pompa dari pemerintah petani Tegalsungsang, Pagaden Barat, Subang tanam padi kembali  

MANGYONO.com - Belum ada satu bulan para petani di Tegalsungsang, Kecamatan Pagaden Barat, Kabupaten Subang, Provinsi Jawa Barat, Indonesia panen padi.. Tapi para petani di Tegalsungsang mulai  garap sawah untuk menanam padi ke-3 di musim "katiga" atau musim kemarau ini.

 FOTO : Sawah admin di blok Tegalsungsang, Pagaden Barat, Subang
 FOTO : Sawah admin di blok Tegalsungsang, 
Pagaden Barat, Subang


Para petani mulai merendam benih... Begitu juga dengan admin, berhubung admin punya sawah di blok Tegalsungsang dan petani tegalsungsang dapat bantuan pompa diesel atau lebih ngetopnya Dongfeng... Ya admin saat ini sedang perendaman benih padi... 


FOTO : Perendaman benih padi admin.
 FOTO : Perendaman benih padi admin.

Mesin dongfeng ini untuk mengairi sawah di Blok Tegalsungsang sebelah Timur dari jalan raya Cidahu - Munjul. Sedangkan jarak dari sungai ke sawah admin itu kira - kira 100 Meteran dengan posisi sawah ada di atas Sungai Ciasem, Bendungan Macan. Dengan bantuan pompa air Dongfeng ini air bisa disedot untuk mengairi sawah. Sedangkan sawah admin ke sungai situ Cijambe, berjarak 20 Meteran, tapi berhubung tanggul Leuwinangka belum selesai ya mungkin air agak susah.

Tadinya admin gak nanam padi di musim katiga ini karena susah air ... Dan proyek pembangunan leuwi nagka sedang dikerjakan sudah satu tahun tapi belum kunjung selesai... Pembangunan Bendung Leuwinagka sendiri dengan desain berukuran lebar 39 meter, panjang 46 meter dan tinggi 6 meter berbiaya Rp 53.951.840.000, akan mampu mengairi areal sawah sekitar 4.387 ha. Termasuk sawah admin yang ada di Tegalsungsang.

Mesin pompa air dongfeng bantuan alat pertanian ini diharapkan petani bisa lebih produktif dalam memproduksi hasil pertaniannya. Kondisi itu sesuai dengan program dan visi besar pemerintah dalam menjaga ketahanan pangan. Bantuan alat pertanian ini sangat penting agar para petani bisa menjaga produktivitas mereka untuk menanam padi...
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comments
0 Comments