--> Skip to main content

Empet-empetan, sesempretan ( terompet ) dari batang padi / jerami

Sampurasun ... Rampes.

Empet-empetan ( terompet ) dari batang padi / jerami

MANGYONO.com - Mungkin Sobat gak tau tentang  mainan tradisional yang satu ini... Ya, karena sekarang sudah jarang sekali ditemukan akibat merebaknya mainan-mainan modern, apalagi setelah dibukanya pasar bebas. Mainan tersebut adalah Empet-empetan, tapi banyak juga yang menyebutnya "sesempretan" dari jerami

Empet-empetan, sesempretan ( terompet ) dari batang padi / jerami
 FOTO 1 : Empet-empetan( terompet ) dari batang padi


Mainan ini banyak di mainkan saat panen tiba. Mainan yang terbuat dari batang padi ini bernama sesempretan berarti bersuara "pet-pet", selain itu pada jenis musik tradisional Sunda yaitu terompet bagian belakang yang menjadi sumber suara dinamakan "mpet", tarompet adalah jenis alat tiup pengiring pertunjukan Tari, Penca Silat, Reog, dan iringan seni Beladiri Benjang.  Bahwa asal terompet itu adalah dari permainan empet-empetan. Mainan mpet-mepetan atau didaerah Subang disebut sesempretan, dibuat dari batang padi.

Untuk Memainkannya yaitu dengan cara meniupnya. Salah satu kerajina atau karya yang dapat dibuat dari batang padi merupakan permainan yang kebanyakan orang zaman sekarang  tidak mengetahuinya. 

Permainan ini biasanya dimainkan oleh anak-anak pedesaan termasuk saya pada saat selesai pemanenan padi. Permainan terompet padi memang cukup sederhana dan juga terompet ini dapat kita dapatkan cukup dengan cara mengambil sebatang padi kemudian dibuatlah terompetnya. 

FOTO 2 : Padi telah dipanen. Batang padi bisa dibuat empet-empetan, sesempretan ( terompet )
FOTO 2 : Padi telah dipanen. 
Batang padi bisa dibuat empet-empetan, sesempretan ( terompet ) 


Sesempretan merupakan salah satu media yang biasa digunakan oleh anak pedesaan ketika mereka sedang galau maupun sedang sedih karena permainan ini merupakan salah satu permainan yang menyenangkan. Untuk mendapatkannya juga tidak begitu sulit, serta tidak membutuhkan biaya begitu besar.

FOTO 2 : Memilih batang padi yang besar untuk empet-empetan, sesempretan ( terompet )
FOTO 2 : Memilih batang padi yang besar 
untuk empet-empetan, sesempretan ( terompet ) 


Adapun cara pembuatan terompet dari batang padi sebagai berikut:
1. Ambil batang padi yang  sudah cukup tua

 FOTO 3 : Mengambil batang padi yang besar dan bagus.
 FOTO 3 : Mengambil batang padi yang besar dan bagus.


2. Bersihkan pembungkus batang padi tersebut dari daun dan jerami kering. Pecahkan secara hati-hati, di dekat pangkal bukunya atau iris dengan pisau. Pecahan atau irisan tersebut, akan membentuk semacam pita suar.

FOTO 4 : Membersihkan batang padi dari daun dan pembungkus batang kering
 FOTO 4 : Membersihkan batang padi dari daun dan pembungkus batang kering

4. Apabila ditiup pita suara akan mengeluarkan bunyi yang melengkin. Seperti foto 1.


Nah, dari sesempretan tersebut, untuk membuat sesempretan agar awet maka dibuat dari bambu... Di Kabupaten Subang disebut dengan TOLEAT. Instrumen ini dapat mengeluarkan alunan irama yang unik. Instrumen ini juga membuat suasana perayaan panen raya makin semarak dalam kegembiraan.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comments
0 Comments