--> Skip to main content

Indahnya menjadi petani .. Saat padi mulai berisi

Sampurasun ... Rampes.

Indahnya menjadi petani.. Saat padi mulai berisi 

MANGYONO.com - Udara di pagi hari terasa sejuk, saya dan istri melihat hamparan sawah sangat asik dan menyenangkan. Rumah saya tidak jauh dari sawah. Sehingga, jika ingin pergi ke sawah, tidaklah menghabiskan tenaga banyak, Berjalan 5 menitan sudah sampai ke sawah yang berjarak 300 Meteran. 

Di hari minggu pagi-pagi sekali, saya dan istri pergi kesawah untuk melihat suasana sawah yang membuat hati tenang. Sebelum saya pergi kesawah, gak lupa membawa bekal makan siang untuk makan di sawah nanti dengan istri.


FOTO 1 : Admin dan istri ke sawah .. Minggu 14 Agustus 2016
 FOTO 1 : Admin dan istri ke sawah ..  
Minggu 14 Agustus 2016


Sawah kami di Bakan Bandung, dusun Gardu, Desa Bendungan, Kecamatan Pagaden Barat, Kabupaten Subang, Provinsi Jawa Barat, Republik Indonesia... Hehehe...  ditanami padi ketan grendel, jenis ketan unggul dan super yang banyak ditanam di Kabupaten Subang.
 
Sungguh betapa senangnya hatiku melihat tanaman padi yang tumbuh subur... malai - malai yang lebat, bulir - bulir yang berisi... Ternyata jadi petani itu sangat menyenangkan, tetapi dari pekerjaan menjadi petani, masih harus banyak belajar ... Masih banyak sih yang kurang sesuai dengan yang di inginkan. 

FOTO 2 : Istri admin melihat tanaman padi .. Minggu 14 Agustus 2016
 FOTO 2 : Istri admin melihat tanaman padi ..  
Minggu 14 Agustus 2016

Matahari sudah diatas kepala, dan udara sudah terasa panas, aku mengambil Caping anyaman bambu ( cetok bahasa sunda) sebagai penutup kepala. Istriku menyiapkan makan siang untuk kami dan makan siang di gubuk bambu ( saung bahasa sunda)

Wawww, enaknya makan dengan lauk ikan peda, sayur bening, di tambah sambel goang, dan jengkol muda sebagai penyemangat makan. Apa lagi makan di tengah – tengah hamparan sawah yang hijau, ee’mmm tambah nikmat rasanya.... "

Beberapa jam kemudian terdengar suara Azan sudah di kumandangkan. Terik matahari semakin terasa panas kami pun pulang. 

FOTO 3 : Hamparan tanaman padi ketan di Bakan Bandung, dusun Gardu, Bendungan, Pagaden Barat, Subang .. Minggu 14 Agustus 2016
 FOTO 3 : Hamparan tanaman padi ketan 
di Bakan Bandung, dusun Gardu, Bendungan, Pagaden Barat, Subang ..
 Minggu 14 Agustus 2016

Menjadi petani disaat - saat umur padi hampir panen merupakan hal yang menyenangkan. Menjadi petani itu bukan hanya kesenangan yang di dapat tetapi ilmu bercocok tanam pun di peroleh. Mungkin memang perlu ketelatenan, tapi kalau memang kita sungguh - sungguh ingin menjadi petani yang sukses pasti dengan ketelatenan itu akan kita dapat.

Menurut saya pekerjaan menjadi petani ini adalah pekerjaan yang halus, yang hanya mengeluarkan sedikit air keringat, tetapi akan kembali segar lagi apabila semua pekerjaan terselesaikan.

FOTO 4 : Istri admin melihat hamparan tanaman padi ketan di Bakan Bandung, dusun Gardu, Bendungan, Pagaden Barat, Subang .. Minggu 14 Agustus 2016
 FOTO 4 : Istri admin melihat hamparan tanaman padi ketan 
di Bakan Bandung.  
Minggu 14 Agustus 2016

Dan jika orang lain bisa, maka kita pun pasti bisa dan harus bisa ! ... Ya, kuncinya bukan terletak pada kepandaian, namun pada niat dan tekad untuk mau berhasil serta strategi yang kita terapkan dalam bertani.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comments
0 Comments