logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Kapal Perang produksi Indonesia mulai dilirik negara-negara ASEAN dan Timur Tengah.

Sampurasun ... Rampes.

Kapal Perang produksi Indonesia mulai dilirik negara-negara ASEAN dan Timur Tengah.

MANGYONO.com - Tadi pagi saya nonton berita tentang kapal perang buatan Indonesia yang mulai dilirik negara-negara ASEAN dan Timur Tengah.

Memang betul.... Industri perkapalan Indonesia semakin diakui kemampuannya membangun berbagai jenis kapal untuk kebutuhan militer, baik untuk pertahanan dalam negeri Indonesia maupun diekspor ke negara lain. 

Nah, salah satu buktinya yaitu ekspor perdana kapal perang Strategic Sealift Vessel (SSV) BRP Tarlac (LD – 601) yang merupakan pesanan Kementerian Pertahanan Nasional Filipina.

 Kapal Perang produksi Indonesia mulai dilirik negara-negara ASEAN dan Timur Tengah.

Saat ini, PT PAL Indonesia sudah mengekspor kapal perang Strategic Sealtif Vessel (SSV) satu unit pesanan militer Filipina. Sedangkan satunya akan dikirim pada 13 Mei 2017.

Katanya .... Kapal perang SSV merupakan pengembangan dari kapal pengangkut jenis Landing Platform Dock (LPD) dengan panjang 123 meter, lebar 21,8 meter, kecepatan maksimal 16 knot dengan ketahanan berlayar selama 30 hari.

Kapal ini bisa mengangkut 500 pasakan, juga bisa membawa tank. Kapal ini di dalamnya juga terdapat 2 kapal utility, yang masing-masing bisa mengangkut 1 truk atau satu pasukan. Juga terdapat landasan helikopter.

Selain untuk mendukung operasi militer, kapal SSV juga bisa digunakan kegiatan operasi di luar militer. Bahkan, kapal yang digunakan TNI AL ini juga ikut terlibat dalam SAR pencarian korban pesawat Air Asia lalu.

Dengan adanya pemesanan dua unit kapal SSV dari pemerintah Filipina, diharapkan menjadi momentum kebangkitan industri kapal Indonesia..... Semoga saja ya...

Sekilas tentang PT. PAL Indonesia (Persero)
PAL atau PT PAL Indonesia (Persero) merupakan salah satu perusahaan milik negara yang bergerak dalam bidang industri perkapalan, perusahaan ini bermula dari sebuah galangan kapal yang bernama Marine Establishment (ME) dan diresmikan oleh pemerintah Belanda pada tahun 1939. Pada masa pendudukan Jepang, Perusahaan ini beralih nama menjadi Kaigun SE 2124. 

Setelah kemerdekaan, Pemerintah Indonesia menasionalisasi Perusahaan ini dan merubah namanya menjadi Penataran Angkatan Laut (PAL). Pada tanggal 15 April 1980, Pemerintah merubah status Perusahaan dari Perusahaan Umum menjadi Perseroan Terbatas. 

Lokasi Perusahaan di Ujung, Surabaya, dengan kegiatan utama memproduksi kapal perang dan kapal niaga, memberikan jasa perbaikan dan pemeliharaan kapal, serta rekayasa umum dengan spesifikasi tertentu berdasarkan pesanan.

PT PAL Indonesia (Persero) telah memasuki pasaran internasional dan kualitasnya telah diakui dunia. Kapal-kapal produksi perusahaan ini telah melayari perairan di seluruh dunia. Sebagai galangan kapal dengan pengalaman lebih dari dua dasawarsa, PT PAL memiliki beragam produk-produk berkualitas 

Kantor pusat perusahaan :
PT PAL Indonesia (Persero)
Jl. Ujung
Surabaya – Jawa Timur
Telp : (031) 3292275

Nah .... Jenis kapal yang telah mampu diproduksi di dalam negeri antara lain Kapal Curah (Bulk Carrier), Kapal Ferry Ro-Ro, Chemical tanker, Landing Platform Dock, LPG Carrier, Dry Cargo Vessel, kapal penumpang, kapal kargo dan kontainer, tanker, kapal ikan, tug boat danKapal Patroli Cepat.


Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger