logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Khasiat dan manfaat Serai / Sereh

Sampurasun ... Rampes

Khasiat dan manfaat Serai / Sereh

MANGYONO.com – Sereh ( Bahasa sunda ) atau Serai adalah tumbuhan anggota suku rumput-rumputan yang sering dimanfaatkan untuk bumbu dapur untuk mengharumkan makanan, kalau saya biasanya untuk memasak tutut ... Hehe. Minyak serai banyak dijual dipasaran atau toko obat, apotek yaitu minyak atsiri yang diperoleh dengan jalan menyuling bagian atas tumbuhan tersebut. Minyak serai dapat digunakan sebagai pengusir dari gigitan nyamuk atau serangga lainnya.

 FOTO: Serai / Sereh di kebun admin
 FOTO: Serai / Sereh di kebun admin


Nah, berikut ini manfaat dan khasiat lainnya dari Serai
Untuk Insomnia
Insomnia atau sulit tidur dapat terjadi karena ketidakseimbangan zat kimia dalam tubuh ataupun gangguan saraf. Kegiatan pemurnian dan efek menenangkan dari serai membantu meningkatkan proses dan kualitas tidur.

Mengurangi kolesterol
Daun Serai memiliki zat anti-kolesterol dan anti-aterosklerosis, keduanya membantu mengurangi penyerapan kolesterol dari usus, serta oksidasi LDL (kolesterol jahat) dalam darah, sehingga mencegah salah satu proses awal dalam pembentukan plak aterosklerotik.

Sebagai minyak angin
Daun Serai memiliki kandungan minyak atsiri sehingga dapat membantu dalam melakukan tindakan balsamic yang dapat digunakan dalam masalah pada saluran pernapasan. Secara umum daun serai ini dapat digunakan untuk meringankan gejala yang berhubungan dengan flu dan demam dingin seperti halnya manfaat temulawak untuk menghangatkan tubuh.

Untuk kesehatan Pencernaan
Manfaat daun serai yang paling terkenal adalah untuk kesehatan pencernaan, ia mengatur fungsi usus dan motilitas dengan sifat anti-mikroba yang ia miliki. Zat ini membantu untuk membunuh bakteri jahat dan parasit, dan mengembalikan bakteri baik dalam usus, sehingga membantu meningkatkan masalah pencernaan seperti gangguan pencernaan, sembelit, diare, kembung usus, perut kembung, kejang perut, muntah dan kram.

Daun serai merupakan salah satu rempah yang sangat populer di Indonesia dan digunakan secara luas untuk masakan di Asia. Penggunaan daun serai ini biasanya dapat dengan dihancurkan untuk mendapatkan aroma lemon yang akan membuat wangi masakan. Serai dapat digunakan untuk membuat sup, kaldu, kari, saus, teh, serta memotong menjadi irisan tipis dan ditambahkan ke berbagai salad. Daun, batang dan umbi serai dapat digunakan untuk berbagai manfaat kesehatan tubuh manusia bahkan hewan peliharaan.

Untuk memaksimalkan manfaat manfaat daun serai sebaiknya anda membuat dan minum teh serai, minyak esensial dan fitonutrien yang lepas ke dalam air mendidih dalam teh akan sangat bermanfaat bagi tubuh seperti halnya manfaat kunyit putih.

Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger