--> Skip to main content

Mendikbud Muhadjir Effendy Wacanakan Siswa bersekolah sepanjang hari ( full day school )

Sampurasun ... Rampes.

Mendikbud Muhadjir Effendy Wacanakan Siswa bersekolah sepanjang hari ( full day school )

MANGYONO.com - Mendikbud Muhadjir Effendy Wacanakan Siswa bersekolah sepanjang hari alias full day school.

Menurut  Mendikbud Muhadjir full day school ini sebenarnya sudah dijalankan banyak sekolah, terutama sekolah swasta.

Menurutnya sistem bersekolah sepanjang hari banyak memberikan kesempatan kepada sekolah untuk menanamkan pendidikan karakter kepada peserta didik.

 
Mendikbud Muhadjir Effendy Wacanakan Siswa bersekolah sepanjang hari ( full day school )

Program full day school itu juga menghindari penyimpangan-penyimpangan yang terjadi di luar jam sekolah. Nantinya, jam pulang sekolah akan disamakan dengan jam pulang kerja sehingga anak didik tidak dilepas begitu saja setelah jam sekolah.

"Jadi, anak pulang jam lima sore, orangtuanya bisa jemput sehingga anak kita tetap ada yang bertanggung jawab setelah dilepas pihak sekolah,"

Nah, menurut
Mendikbud Muhadjir.... Kalau program itu diterapkan, dalam sepekan sekolah akan libur dua hari, yakni Sabtu dan Minggu, sehingga menurut Muhadjir akan memberikan kesempatan bagi peserta didik bisa berkumpul lebih lama dengan keluarga.

Mungkin menurut admin pembagian waktunya kira - kira begini ya  :
1. Jam Reguler 07.0 s.d 14.00 Mata Pelajaran sebagaiman yang telah berlaku,
2. Dan 14.0 s.d 17.00 full Pelajaran Kerohanian.
3. Sabtu - Minggu LIBUR.


Menurut saya, full day school hanya untuk anak perkotaan yang kedua orangtuanya sibuk dengan berbagai pekerjaan.... La wong saya kerja di Jakarta sedangkan anak saya sekolah di Subang... Tetep saja gak bisa jemput anak dari sekolah... Malahan anak saya itu bisa bantu - bantu mamahnya dirumah sepulang sekolah. Anak - anak dikampung sepulang sekolah itu mereka membantu orang tuanya membantu di sawah, ladang, cari rumput untuk ternak domba, sapi, menjaga warung dan lainnya

Begitu juga fasilitas sekolah yang menerapkan 
full day school harus memadai.. Harus ada laboratorium, ruang seni, ruang olahragadan sebagainya. Begitupun dengan kegiatan ekstrakurikuler seperti Pramuka, PMR, Paskibra harus ada gurunya, sedangkan guru di daerah itu masih kurang tiap sekolahnya

"Kabar terakhir Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mengatakan akan membatalkan rencana perpanjangan jam sekolah dasar dan menengah jika masyarakat keberatan. Perpanjangan jam sekolah yang ramai disebut sebagai full day school itu bertujuan memperpendek waktu di luar sekolah. Dengan waktu panjang di sekolah, siswa mendapat tambahan jam untuk belajar pendidikan karakter budi pekerti dari para guru."
 
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comments
0 Comments