logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Napian Beas Adalah ...

Sampurasun ... Rampes.

Napian Beas Adalah ...

MANGYONO.com - "Napian Beas" merupakan salah satu dari budaya sunda yang masih dilestarika.

Napian Beas” adalah istilah bahasa Sunda yakni membersihkan beras yang sudah digiling atau ditumbuk terlebih dahulu dengan menggunakan alat yang bernama nyiru atau tampah/nampah yang terbuat dari anyaman bambu. 

Fungsi tampah ini untuk memilih dan memisahkan sisa kulit padi yang masih menempel sehingga beras menjadi lebih bersih. Hal tersebut dilakukan karena hasil gilingan/tumbukan padi kadang menyisakan kulit padi (hu’ut), masih ada gabah yang tidak terkupas, atau beras yang terlalu kecil (beunyeur) kemudian dipilih dan dipilah. Baca Nyiru / Tampah, Alat Dapur Tradisional Indonesia

 FOTO : Istri admin sedang napian beas.

Napian beas.... sangat gampang dan sederhana, caranya :
i. Beras yang sudah ditakar itu ditumpahkan ke atas nyiru/tampah 
ii. Lalu digoyang-goyang, diputar-putar, atau digerakkan naik turun sampai kotoran seperti hu’ut, kulit gabah, dan beunyeur itu terpisah dari beras hingga tersisih dipinggir nyiru/tampah.
ii. Nah setelah itu 3 hal yang tidak diharapkan itu disingkirkan, tidak dibuang. Tapi dikasih buat makanan ayam. Makanya ritual Napian beas adalah acara yang dinanti-nanti ayam... Hehehe.

Napian beas merupakan budaya turun temurun di masyarakat sunda.  Kegiatan tersebut dilakukan oleh kebanyakan kaum perempuan baik secara sendiri-sendiri untuk keperluan keluarga atau secara bersama-sama untuk membantu saudara atau tetangga mereka terutama jika ada hajatan seperti pernikahan, khitanan, upacara adat, atau ada yang meninggal dunia.


Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger