logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Pasar Malam, Desa Bendungan, Pagaden Barat, Subang

Sampurasun ... Rampes.

Pasar Senin, Desa Bendungan, Pagaden Barat, Subang

MANGYONO.com - Dibandingkan dengan desa sekitarnya Desa Bendungan memiliki potensi percepatan pertumbuhan yang unggul. Sebagai contohnya, setiap hari Senin malam, selalu ada pasar malam yang letaknya diperempatan desa Bendungan. Mungkin pasar malam ini lebih pas di sebut pasar kaget ya.

FOTO : Pasar Malam, Desa Bendungan, Pagaden Barat, Subang
FOTO : Pasar Malam, Desa Bendungan, Pagaden Barat, Subang

Pasar kaget adalah pasar dadakan yang mengambil tempat bukan di areal tempat berjualan semestinya. Pasar kaget muncul karena adanya peluang pembeli ya.

Apa saja yang dijual? Ini yang membuat saya cukup kaget. Walau hanya pasar dadakan yang diisi pedagang kaki lima dengan modal terbatas. Pasar kaget boleh dibilang one stop shopping. Segala kebutuhan tersedia, mulai dari kuliner, produk tekstil, produk gerabah, aksesoris, sayur mayur, buah-buahan, mainan anak.

Keragaman produk yang dijual memang cukup menarik para pembeli. Karena itu pembeli tak pernah berkurang kecuali bila turun hujan lebat. Banyaknya pilihan produk yang ditawarkan. Semuanya dilakukan dengan sistem tawar menawar yang manusiawi. Saling berinteraksi antara pedagang dan pembeli membuat suasana pasar kaget jauh lebih hangat dan lebih bersahabat. Suasana ini memang telah ditinggalkan pasar modern yang lebih senyap dengan sedikit interaksi dengan percakapan antara pembeli dan pedagang.

Berbelanja di pasar kaget, tak perlu takut soal harga. Para pedangang memang menerapkan harga murah. Melihat pangsa pasar yang lebih banyak dari kalangan ekonomi menengah dan bawah. Bahkan ada beberapa produk yang memang dijual dengan harga murah sekali dengan istilah ‘banting harga’. 


Dan yang unik lagi dipasar kaget ini tingkah pedagang ketika menjajakan dagangan. Gaya berteriak teriak, gaya berpantun, dan terbilang aneh dengan gaya lucu. 

Nah, dipasar kaget ini hampir semua kebutuhan bisa didapatkan. Tinggal sobat datang, tawar lalu bungkus. Simpel dan mudah. Malah untuk beberapa barang masih bisa ditukar bila ukuran atau barang kurang memuaskan pembeli. Tentu dengan perjanjian lisan diawal transaksi.
 
Pasar kaget itu didatangi bukan hanya oleh warga setempat, warga desa sekitarnya pun (seperti Mekarwangi, Munjul, Margahayu) selalu memadati jalan-jalan di sekitar perempatan untuk memenuhi kebutuhannya di pasar malam.


Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger