--> Skip to main content

Ulat daun pisang untuk umpan pancing dan pakan burung kicau

Sampurasun ... Rampes.

Ulat daun pisang untuk umpan pancing dan pakan burung kicau

MANGYONO.com - Sesuai dengan namanya, ulat daun pisang biasa ditemukan dalam gulungan-gulungan daun tanaman pisang. Ulat ini bersifat merusak daun pisang, sehingga kalangan petani menganggapnya sebagai hama.

Pemanfaatan ulat daun pisang sudah lama dikenal dalam dunia mancing, yaitu sebagai umpan ikan. Adapun untuk burung kicauan, ulat daun pisang hanya diberikan sekadar pakan tambahan alternatif saja. Itu pun belum banyak kicaumania yang memanfaatkannya.

Tidak terlalu sulit mencari ulat daun pisang. Cukup cari pohon pisang yang ada di dekat rumah dan cari bagian daun pisang yang masih bergulung. Biasanya dibalik gulungan daun tersebut terdapat ulat yang badannya cukup gemuk. Saat membawanya ke tempat pemancingan, usahakan simpan ulat ini di tempat yang tidak terkena sinar matahari.

FOTO : Ulat daun pisang dikebun admin
 FOTO : Ulat daun pisang dikebun admin


Sebagian kicaumania meyakini kalau ulat daun pisang dapat menjadi "doping alami" untuk mendongkrak performa burung secara cepat. Beberapa kicaumania kerap memberikan ulat daun pisang kepada burung-burung yang biasa dilombakan.

FOTO : Ulat daun pisang saat admin buka dari gulungan daun pisang
 FOTO : Ulat daun pisang saat admin buka dari gulungan daun pisang

Badan ulat ini lebih gemuk dan pastinya lebih banyak mengandung protein dibandingkan dengan cacing, sehingga aroma protein saat ia berada di air lebih kuat dibanding cacing. Cara memasang umpan ulat di kail pun tidak sesulit pada cacing karena tubuh ulat itu jauh lebih gemuk dibanding cacing. Namun, penggunaan umpan ulat ini lebih cocok jika kita memancing ikan Gabus, ikan Lele, Ikan Tawes, Ikan Mas, Ikan Bawal dan ikan-ikan yang berukuran besar lainnya...


 FOTO : Ulat daun pisang ukurannya gemuk dan kulitnya terbalut bedak putih ... hehehe
 FOTO : Ulat daun pisang  
ukurannya gemuk dan kulitnya terbalut bedak putih ... hehehe
 

Menurut kabar.... Di Thailand, ulat daun pisang diolah menjadi bahan pangan kaya protein. Bahkan FAO pun mendorong pemanfaatan ulat daun pisang untuk mengatasi krisis gizi di sejumlah negara Afrika.




Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comments
0 Comments