--> Skip to main content

Waktu dan jarak untuk tanam pisang

Sampurasun ... Rampes.

Waktu dan jarak untuk tanam pisang

MANGYONO.com - Waktu yang tepat untuk tanam pisang yaitu sebaiknya pada awal musim hujan agar terhindar dari kekeringan pada awal pertumbuhan dan masuk musim kemarau buah sudah siap dipanen.

Idealnya untuk mendapatkan produksi dan kualitas buah yang baik, penanaman pisang dilakukan 2 tahap (setahun 2 kali) dengan selisih penanaman 6 bulan. Penanaman pertama menggunakan jarak tanam lebar (misalnya 4 m x 4 m), kemudian penanaman tahap kedua dilakukan diantara jarak tanam yang telah ditanam yaitu ( misalnya 2m x 2m).
 
FOTO : Bibit tanaman pisang.
 FOTO : Bibit tanaman pisang.


Nah.... Hal ini bertujuan untuk mengatur waktu panen dan pembongkaran tanaman pada tahun berikutnya yang memungkinkan masih adanya panen karena penanaman yang tidak serempak.

FOTO : Tanam pisang di kebun belakang rumah admin.
FOTO : Tanam pisang di kebun belakang rumah admin.

 
Jarak tanam biasanya sesuai dengan jenis pisang. Untuk jenis pisang Mas jarak tanam 2 m x 2 m. Jenis pisang Ambon, Raja Sereh, dan Raja Nangka 3 m x 3 m. Jenis pisang Kepok dan Tanduk 3 mmx 3 m. 



Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comments
0 Comments