logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Cara menanam bibit nangka di tanah langsung

Sampurasun ...

Cara menanam bibit nangka di tanah langsung

MANGYONO.com - Sebelumnya saya dah menulis tentang cara semai nangka dari biji, kalau gak salah dibulan Juli, di postingan yang berjudul Cara semai Nangka dari biji

Nah, sekarang saya mau nulis tentang cara menanam nangka di tanah langsung, berarti bibit nangka yang saya semai sudah sekitar 2 bulanan. Dari semaian 6 biji, yang tumbuh 4 bibit... Lumayan dah daripada enggak tumbuh sama sekali ... Hehehe

Empat bibit nangka umur 2 bulanan.  
Empat bibit nangka umur 2 bulanan. 
Foto jepretan dikebun belakang rumah admin

Nah bagi sobat yang belum tau caranya dan yakin silahkan ikuti cara saya ini yah, kalau gak yakin mendingan jangan deh... Hehehe.
i. Langkah pertama yang harus disiapkan yaitu, penentuan lahan/tempat untuk menanam bibit nangka, sebaiknya pikirkan dulu, jangan sampai dikemudian hari, pohonnya belum berbuah.... Eh,mengganggu tempat itu, akhirnya ditebang sebelum menikmati buahnya...

ii. Siapkan bibit nangka yang mau ditanam, jangan sampai mau menanam nangka bibitnya belum ada... Hehehe.

Menyiapkan bibit nangka yang mau ditanam
 Menyiapkan bibit nangka yang mau ditanam


iii. Gali tanah untuk penanaman bibit nangka, ukurannya bisa disesuaikan, apabila tanah gembur ukuran galian 30 cm x 30 cm juga cukup. Apabila tanah keras sebaiknya ukuran lubang galian dibuat 80 cm x 80 cm atau lebih.

Pembuatan lubang tanam ukuran 30 cm x 30 cm x 30 cm.
 Pembuatan lubang tanam ukuran 30 cm x 30 cm x 30 cm.

iv. Selanjutnya lepaskan bibit nangka dari pot, dengan cara menahan bagian permukaan pot dengan tangan kiri dan membalikan pot dengan tangan kanan supaya tanah lepas dari pot.

v. Beri tanah berhumus atau pupuk kompos pada dasar galian setebal kira - kira 5 cm, jangan menggunakan kotoran kambing atau kerbau yang belum dipermentasikan, karena bersifat panas.  

vi. Letakan bibit nangka ditengah galian yang sudah disiapkan dan diberi tanah berhumus, lalu timbun dengan tanah galian. Tanah timbunan dipadatkan dengan tangan.

Penimbunan lubang tanam bibit nagka
 Penimbunan lubang tanam bibit nagka 

vii. Setelah penimbunan lubang tanam, selanjutnya melakukan penyiraman tanaman baru, tujuannya untuk memadatkan tanah timbunan dan merapatkan celah tanah dengan akar tanaman.

Melakukan penyiraman tanaman bibit nangka
 Melakukan penyiraman tanaman bibit nangka

Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

1 komentar:

mangyono sangat kreatif

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger