--> Skip to main content

Cara pemeliharaan tanaman bunga asoka supaya berbunga terus

Sampurasun ...

Cara pemeliharaan tanaman bunga asoka supaya berbunga terus

MANGYONO.com - Asoka yang memiliki nama ilmiah Sarca Indica merupakan tanaman dari family Caesalpiniaceae.

Bunga asoka merupakan salah satu tanaman suci di India. Bunga asoka memiliki warna bunga yang beragam seperti warna merah, oranye dan kuning. 

Biasanya bunga Asoka dijadikan tanaman hias karena daunnya dapat dibentuk dan bunganya sangat indah. Meskipun bunganya berukuran kecil-kecil, warnanya yang cerah bervariasi.

Cara pemeliharaan tanaman bunga asoka supaya berbunga terus
 Cara pemeliharaan tanaman bunga asoka 
supaya berbunga terus


Menanam bunga soka sebenarnya cukup mudah. Bunga soka yang memiliki batang kayu yang lumayan keras memungkinkannya untuk diperbanyak dengan teknik stek atau cangkok dalam pembibitannya. Selain itu, menanam bunga asoka juga dapat dimanfaatkan sebagai pagar hidup.

Nah berikut ini cara pemeliharaan tanaman bunga asoka supaya berbunga terus
i. Melakukan penyiraman
Penyiraman perlu dilakukan untuk membuat tanaman bunga asoka tetap segar dan membantu tanaman ini untuk melakukan proses fotosintesis. Ketika menyiram, gunakan air bersih yang tidak terkontaminasi zat kimia apapun agar asoka dapat tumbuh secara sehat. Menyiram soka cukup dilakukan satu kali dalam sehari. Untuk waktunya, anda dapat memilih pagi atau sore hari. Dua waktu ini adalah waktu yang baik untuk menyiram tanaman. Jangan melakukan penyiraman di siang hari atau tengah hari.

ii. Pemupukan
Pemberian pupuk bertujuan untuk penyuburan tanaman bunga soka, merangsang pucuk untuk tumbuh, merangsang tumbuhnya kuntum - kuntum bunga

iii. Pemangkasan
Seperti tanaman hias dengan batang kayu lainnya, asoka membutuhkan pemangkasan pada batang-batangnya. Waktu yang baik untuk memangkas batang-batang asoka adalah pada saat soka baru saja disiram dan diberi pupuk. dan pada saat tanaman soka tidak berbunga.

iv. Lakukan penyiangan
Sesekali, bunga asoka juga membutuhkan penyiangan untuk menghilangkan rumput-rumput liar yang tumbuh disekeliling tanaman.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comments
0 Comments