--> Skip to main content

Dalang Asep Sunandar Terpilih Jadi Google Doodle Hari Ini

Sampurasun ... 

Dalang Asep Sunandar Terpilih Jadi Google Doodle Hari Ini

MANGYONO.com - Kalau sobat membuka mesin pencari Google hari ini, Sabtu 3 Agustus 2016, pasti sobat akan melihat dua tokoh Wayang Golek, Semar dan Cepot 

Semar, dalam Doodle tersebut digambarkan sebagai tokoh berperut buncit, wajah putih, memakai sarung motif kotak-kotak dan rambutnya memiliki kuncung. Sedangkan Cepot digambarkan sebagai tokoh berkulit merah.

Alasan Google menampilkan kedua tokoh pewayangan itu. Doodle dalam rangka memperingati hari ulang tahun Asep Sunandar Sunarya, seorang pria yang semasa hidupnya dikenal sebagai maestro wayang golek dari Giri Harja 3.


Dalang Asep Sunandar Terpilih Jadi Google Doodle Hari Ini
Dalang Asep Sunandar Terpilih Jadi Google Doodle Hari Ini

 

Dalang Asep Sunandar Sunarya lahir di Kampung Jelekong, Baleendah, Bandung pada 3 September 1995. Dan Abah Asep meninggal dunia pada 31 Maret 2014 karena serangan jantung. 


Adalah seorang maestro wayang golek di Indonesia. Selaku dalang wayang golek Asep Sunandar Sunarya di rumahnya biasa dipanggil Abah, di udara sebagai breaker menggunakan nama Eyang Abiyasa. Selalu konsisten, teu incah balilahan. Penghargaan demi penghargaan ia dapatkan, baik dari tingkat lokal, provinsi, nasional, bahkan manca negara .

Tanpa adanya seorang Asep Sunandar Sunarya mungkin Cepot tidak akan sepopuler sekarang ini. Berkat kreativitas dan inovasinya, Ia berhasil meningkatkan lagi derajat wayang golek yang dianggap seni kampungan oleh segelintir orang. Peningkatan itu dilakukan dengan menciptakan wayang Cepot yang bisa mangguk-mangguk, Buta muntah mie, Arjuna dengan alat panahnya, Bima dengan gadanya begitu pula dengan pakaian wayangnya yang terkesan mewah.



Abah Asep Sunandar juga pernah menjadi dosen di Institut International De La Marionnette, Charlevile, Perancis. Dan abah Asep mengajar selama dua bulan saja serta dianugerahi gelar profesor oleh masyarakat akademis Perancis.

Sekitar tahun 1995,
Presiden Soeharto memberikan penghargaan Satya Lencana Kebudayaan ke Abah Asep.


Lihat juga : 
Vidio Wayang Golek Bobodoran Judul Cepot Cawokah  
Vidio : BI EMBAN Pengalaman di Saudi Arabia

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comments
0 Comments