logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Menanam terung bulat Gelatik di pekarangan belakang rumah.

Sampurasun ...

Menanam terung bulat Gelatik di pekarangan belakang rumah.

MANGYONO.com - Saya disini, bukan untuk menanam dikebun yang luas atau ladang yang luas tetapi hanya memanfaatkan pekarangan belakang rumah, daripada dibiarkan kosong lebih baik saya tanami saja. 

Pemanfaatan lahan pekarangan sekitar rumah saya lakukan sebagai tujuan untuk penganekaragaman sumber konsumsi pangan dan menekan pengeluaran keluarga.

Pekarangan adalah sebidang tanah yang terdapat disekitar rumah. Kegiatan penanaman di pekarangan ini biasanya dilakukan dalam jumlah yang sedikit dengan berbagai jenis tanaman, sehingga sangat potensial untuk penganekaragaman pangan. Pekarangan yang ditata dengan aneka tanaman sayuran memiliki multi efek yaitu selain efek ekonomi juga estetika. Hal ini perlu dilakukan mengingat dalam Budidaya tanaman dan bercocok tanam tidak semuanya membutuhkan area tanam yang luas, bahkan bisa dilakukan sekalipun luas tanah yang kita miliki sempit.

Menanam terung bulat Gelatik di pekarangan belakang rumah.
 Menanam terung bulat Gelatik di pekarangan belakang rumah.

Dengan pemanfaatan area lahan di sekitar rumah kita maka kita akan dapat menambah dan mengelola sumber Gizi keluarga terutama yang bersumberkan dari sayuran. Pemberdayaan lahan pekarangan di area kita dapat di mulai dari lingkup kecil ( Keluarga ) 

Oleh karena fungsinya yang sangat luas tersebut, maka pekarangan sering di beri julukan, seperti lumbung hidup, warung hidup, apotik hidup, taman sari, ataupun wisma sari. Ahli hidrologi memberinya nama watershed, ahli geografi menamakanya biospher dan ahli sosiologi menganggapnya sebagai usaha keluarga. Kedepannya pekarangan dapat berfungsi lebih yaitu dilakukan penanaman yang monokultur yang pada akhirnya menjadi kebun buah-buahan, sayur-sayuran dan tanaman hias.

Pekarangan dapat ditanami berbagai macam sayuran yang apabila dapat dikelola dengan baik merupakan sumber pendapatan bagi keluarga. Sayuran yang dapat ditanam dipekarangan adalah : bayam, kacang panjang, kangkung, mentimun, tomat, sawi, terong, pare, labu siam, cabe dan lain sebagainya.

Nah, di pekarangan belakang rumah saya menanam terong... Terong lalap yang berbentuk bulat atau yang biasa disebut terung bulat Gelatik ini mempunyai rasa yang agak manis, renyah serta tekstur daging yang empuk. Sangat cocok dimakan mentah di buat lalap. 

 Tanaman terong di pekarangan belakang rumah admin


Buah berwarna hijau mengkilap dengan lurik putih pada bagian bawah. Mirip dengan burung Gelatik ... Hehehe. Baca   Terong bulat Gelatik ( Glatik round eggplant )

Dengan adanya gerakkan menanam sayur di pekarangan masyarakat dapat mendapatkan sayuran yang bernilai tinggi untuk di konsumsi keluarga juga untuk mendapatkan penghasilan tambahan untuk ditabung sehingga dapat meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan.

Nah... Sosialisai pemanfaatan lahan sekitar rumah ini mungkin lebih efektif dengan membikin percontohan tingkat RT atau RW






Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger