logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Puluhan tahun Kecamatan Sukasari, Purwakarta Terisolir

Sampurasun ...

Puluhan tahun Kecamatan Sukasari, Purwakarta Terisolir

MANGYONO.com - Kecamatan Sukasari secara geografis masuk ke wilayah Kabupaten Purwakarta. Letaknya berada di sepanjang pesisir Waduk Jatiluhur yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Karawang dan Cianjur.

Sukasari ini berada di pesisir Waduk Jatiluhur dan dikelilingi hutan, pemandangan Sukasari memang cantik. Namun tidak dengan kondisi warganya.
 
Menurut yang admin tau, sewaktu admin sekolah di STMN Purwakarta ( Sekarang SMKN 1 Purwakarta) dan kebetulan teman admin ada yang dari Kecamatan Sukasari .... Warga di daerah Kecamatan Sukasari itu hanya bisa menempuh perjalanan melalui jalur air berupa perahu jika bepergian ke luar wilayah atau hendak pulang ke wilayah itu. Ini karena tidak ada akses jalan darat yang memadai dan bisa dilalui.

Puluhan tahun Kecamatan Sukasari, Purwakarta Terisolir
 Perbaikan & penambahan jalan penghubung Sukasari-Purwakarta terus dikerjakan untuk mempermudah akses des. Foto by @BaladKangDedi
 

Kondisi itu menjadi keluhan masyarakat Sukasari. Pengajuan pembangunan tidak pernah didengar oleh pihak terkait, dan baru Pak Bupati Dedi yang bisa mendengar keluh kesah warga Sukasari hingga mewujudkan mimpi memiliki akses jalan.

Menurut cerita teman admin warga Sukasari berpenghasilan cukup karena mereka rata-rata merantau dan memiliki kemampuan di bidang bangunan. Bahkan anak-anak mereka bisa sekolah yang layak di Purwakarta ataupun di luar Purwakarta. Namun mereka sulit ke mana-mana karena aksesnya yang terbatas. Dan masyarakat Suka sari ini juga bertahun tahun tanpa listrik / pakai lampu cempor dan baru sekarang bisa masuk listrik. PLN terkendala dengan pengangkutan tiang dan matrial, karena akses jalan yang sulit... Sungguh prihatin ya padahal Purwakarta adalah sumber listrik untuk daerah lain... Menurut kabar pembuatan jalan dananya juga dari Pemkab Purwakarta tanpa bantuan dari Provinsi dan Pusat.... Jempol dah buat Bupati Purwakarta Kang Dedi Mulyadi.

“Ke mana-mana seringnya pake perahu melewati danau. Ke sekolah, rumah sakit, belanja apa pun yang tidak ada di kampungnya, harus pakai perahu."

Parahnya, ketika ada yang jatuh sakit, mereka harus ditandu untuk mendapat perawatan dan pengobatan dari dokter. Jarak tempuhnya lumayan, bisa mencapai 2 jam.

Pada tahun 2014 pembukaan akses dan membangun jalan beton sepanjang kira - kira 70 KM antara Sukasari - Purwakarta 

Dalam pembangunan jalan Sukasari - Purwakarta ini melibatkan masyarakat dan TNI juga. Akses jalan Sukasari itu harus membelah 4 gunung dan membuat 14 jembatan.

Menurut kabar rencana jalan Sukasari - Purwakarta akan selesai dan diresmikan Bulan November 2016 berbarengan dengan peresmian tahap akhir Air Mancur Sri Baduga dan lima museum diorama.
 
Setelah jalan terbuka potensi Sukasari akan terbuka, mulai dari kampung wisata hingga perekonomian.

Nah di atas empat hektare lahan di Desa Kutamanah, Kecamatan Sukasari. di Kecamatan Sukasari nantinya akan dibangun kampung Wisata bertajuk ‘kampung bambu’. Kampung berkonsep perkampungan dengan rumah-rumah yang terbuat dari bambu

Betul banged... Kecamatan Sukasari, Purwakarta memang dikenal sebagai sentra produksi bambu. Terdapat beberapa puluh ribu hektare hutan bambu milik warga.


Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

1 komentar:

Aku sering ke Purwakarta. Dulu memang tempatnya terasa ndeso sekali. Semenjak bupati yang sekarang, ada perubahan. Dan aku sempat ketemu sama bupati. Tapi jaman dulu hape masih jadul, sehingga tidak sempat photo-photo.

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger