--> Skip to main content

Puluhan tahun Kecamatan Sukasari, Purwakarta Terisolir

Sampurasun ...

Puluhan tahun Kecamatan Sukasari, Purwakarta Terisolir

MANGYONO.com - Kecamatan Sukasari secara geografis masuk ke wilayah Kabupaten Purwakarta. Letaknya berada di sepanjang pesisir Waduk Jatiluhur yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Karawang dan Cianjur.

Sukasari ini berada di pesisir Waduk Jatiluhur dan dikelilingi hutan, pemandangan Sukasari memang cantik. Namun tidak dengan kondisi warganya.
 
Menurut yang admin tau, sewaktu admin sekolah di STMN Purwakarta ( Sekarang SMKN 1 Purwakarta) dan kebetulan teman admin ada yang dari Kecamatan Sukasari .... Warga di daerah Kecamatan Sukasari itu hanya bisa menempuh perjalanan melalui jalur air berupa perahu jika bepergian ke luar wilayah atau hendak pulang ke wilayah itu. Ini karena tidak ada akses jalan darat yang memadai dan bisa dilalui.

Puluhan tahun Kecamatan Sukasari, Purwakarta Terisolir
 Perbaikan & penambahan jalan penghubung Sukasari-Purwakarta terus dikerjakan untuk mempermudah akses des. Foto by @BaladKangDedi
 

Kondisi itu menjadi keluhan masyarakat Sukasari. Pengajuan pembangunan tidak pernah didengar oleh pihak terkait, dan baru Pak Bupati Dedi yang bisa mendengar keluh kesah warga Sukasari hingga mewujudkan mimpi memiliki akses jalan.

Menurut cerita teman admin warga Sukasari berpenghasilan cukup karena mereka rata-rata merantau dan memiliki kemampuan di bidang bangunan. Bahkan anak-anak mereka bisa sekolah yang layak di Purwakarta ataupun di luar Purwakarta. Namun mereka sulit ke mana-mana karena aksesnya yang terbatas. Dan masyarakat Suka sari ini juga bertahun tahun tanpa listrik / pakai lampu cempor dan baru sekarang bisa masuk listrik. PLN terkendala dengan pengangkutan tiang dan matrial, karena akses jalan yang sulit... Sungguh prihatin ya padahal Purwakarta adalah sumber listrik untuk daerah lain... Menurut kabar pembuatan jalan dananya juga dari Pemkab Purwakarta tanpa bantuan dari Provinsi dan Pusat.... Jempol dah buat Bupati Purwakarta Kang Dedi Mulyadi.

“Ke mana-mana seringnya pake perahu melewati danau. Ke sekolah, rumah sakit, belanja apa pun yang tidak ada di kampungnya, harus pakai perahu."

Parahnya, ketika ada yang jatuh sakit, mereka harus ditandu untuk mendapat perawatan dan pengobatan dari dokter. Jarak tempuhnya lumayan, bisa mencapai 2 jam.

Pada tahun 2014 pembukaan akses dan membangun jalan beton sepanjang kira - kira 70 KM antara Sukasari - Purwakarta 

Dalam pembangunan jalan Sukasari - Purwakarta ini melibatkan masyarakat dan TNI juga. Akses jalan Sukasari itu harus membelah 4 gunung dan membuat 14 jembatan.

Menurut kabar rencana jalan Sukasari - Purwakarta akan selesai dan diresmikan Bulan November 2016 berbarengan dengan peresmian tahap akhir Air Mancur Sri Baduga dan lima museum diorama.
 
Setelah jalan terbuka potensi Sukasari akan terbuka, mulai dari kampung wisata hingga perekonomian.

Nah di atas empat hektare lahan di Desa Kutamanah, Kecamatan Sukasari. di Kecamatan Sukasari nantinya akan dibangun kampung Wisata bertajuk ‘kampung bambu’. Kampung berkonsep perkampungan dengan rumah-rumah yang terbuat dari bambu

Betul banged... Kecamatan Sukasari, Purwakarta memang dikenal sebagai sentra produksi bambu. Terdapat beberapa puluh ribu hektare hutan bambu milik warga.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comments
0 Comments