logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Tanaman di kebun belakang rumah

Sampurasun ...

Tanaman di kebun belakang rumah

MANGYONO.com - Halaman depan atau di belakang rumah, mau itu luas atau pun sempit. Tapi sesempit apapun halaman rumah sayang kalau gak dimanfaatkan. Seperti halaman rumah saya sendiri di kampung. Halaman depannya sempit, halaman sesempit itu saya jadikan sebagai lahan untuk tanaman bunga. Sedangkan halaman belakang rumah saya manfaatkan untuk tanaman sayur, lalapan, bumbu dapur dan buah - buahan.

Buat sobat manfaatkan halaman rumah supaya lebih bermanfaat. Sobat bisa menanam tanaman yang anda suka, untuk halaman depoan rumah seperti sayuran untuk keperluan dapur dan bunga-bunga sebagai tanaman hias. Kalau ada halaman yang nganggur sayang sekali jika tidak ditanami tanaman.

Tanaman di kebun belakang rumah
 Tanaman di kebun belakang rumah

Selain dapat mempercantik halaman dan bisa dimanfaatkan untuk keperluan di dapur, memanfaatkan halaman dengan menanami tanaman juga bisa membuahkan hasil menjadi hasil produksi walaupun tidak di kebun atau lahan yang luas.

Nah untuk di belakang rumah di lahan yang baru dibeli saya menanam Rambutan, mangga, sirsak, jeruk bali, nangka pepaya, pisang, terong, cabe rawit dan lainnya. Kalau udah panen khan bisa memberi tetangga atas hasil panen buah, dan itu bermanfaat sekali karena sedekah itu tidak hanya berupa uang saja bukan?. Baca Memanfaatkan Lahan Kosong Belakang Rumah

 Pohon pisang dan pepaya baru saya tanam. 
Rencananya disamping tanaman pepaya mau saya tanam cabai rawit.


Bagaimana dengan anda yang memiliki halaman rumah yang luas, masih mau membiarkannya kosong melompong atau hanya ditumbuhi rerum saja?

Selain sayuran sobat juga bisa menaman bunga untuk mempercantik depan rumah. Bunga yang bisa anda tanam adalah .... Anggrek, mawar, lidah buaya, bunga desember, bunga azalea, dan bunga-bunga lain yang anda suka asal ukurannya tidak besar. Bunga-bunga ini bisa menghiasi depan rumah anda apalagi jika ada teman yang berkunjung ke rumah pasti rumah anda akan kelihatan asri dan akan harum alami dari bunga.

 Pohon mangga sedang berbuah, tanaman pepaya masih kecil,  
pohon pisang, singkong, sirsak, terong saya tanam disini

Bagi anda yang tidak memiliki halaman di depan rumah tapi punya halaman di belakang, anda juga bisa memanfaatkannya seperti yang dilakukan tadi. Anda bisa menanam berbagai tanaman di sana mau pakai rak tanaman atau pun tidak juga tidak apa-apa.

Selain bisa ditanami sayuran, buah, dan pohon, dalam memanfaatkan halaman rumah bisa juga digunakan untuk hal lain seperti untuk tempat tamasya dengan keluarga jadi anda tak perlu pergi jauh-jauh ke taman cukup di depan atau belakang rumah saja. Apalagi jika pemandangannya seperti di desa-desa. Seger nan asri. Jadikan halaman anda juga sebagai tempat untuk kumpul dan masak dengan keluarga besar, karena dengan berkumpul di suasana terbuka akan lebih menyenangkan apalagi jika halamannya luas.

Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger