logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Petani Rambutan Subang Khawatir Gagal Panen Akibat Hujan

Sampurasun ...

Petani Rambutan Subang Khawatir Gagal Panen Akibat Hujan

MANGYONO.com - Saya mempunyai pohon rambutan di pekarangan Rumah. Sekarang sedang berbunga. Namun sekarang ini diguyur hujan terus - menerus

Pada budidaya tanaman rambutan, periode berbunga dan berbuah suatu tanaman adalah saat yang paling dinanti-nantikan. Hal ini dikarenakan harapan terbesar penanam adalah memanen buah dari tanaman yang sudah dirawat dengan baik dan dalam kurun waktu yang cukup panjang.

Foto tanaman rambutan admin di pekarangan rumah.
Petani Rambutan Subang Khawatir Gagal Panen Akibat Hujan. 
Foto tanaman Rambutan admin di pekarangan rumah sedang berbunga.

Namun, harapan ini terkadang tidak menjadi kenyataan karena hujan mengguyur terus menerus dan akhirnya bunga rontok dan berguguran sebelum berkembang sempurna, berubah menjadi bakal buah. Kalaupun berubah, bakal buah yang terbentuk hanya berjumlah sangat sedikit.

Sudah hampir 2 bulan lebih musim penghujan tidak kunjung berhenti jua. Dari September sampai sekarang hujan terus mengguyur permukaan bumi nusantara, khususnya di Subang. Berdasar edaran bumi mengelilingi matahari biasanya akan terjadi pergantian musim hujan ke musim kemarau. Kalau matahari berada disebelah selatan belahan bumi maka akan musim kemarau, sedangkan jika matahari disebelah utara belahan bumi , maka akan musim penghujan.

Namun sejak turun musim hujan September bahkan Agustus sampai sekarang terjadi anomali musim yang cukup ekstrem.  Disaat bulan Agustus dan September biasanya kemarau, eh ditahun 2016 justru hujan terus sampai bulan Oktober ini.
 

Tanaman rambutan akan berbuah jika ada musim kemarau. Awalnya musim kemarau itu tanaman buah akan berbunga. Setelah itu sampai sekian bulan buah akan besar dan tua. Makanya bisa untuk dijadikan tanda jika awal musim kemarau maka tanaman rambutan akan berbunga. Nah diawal musim penghujan buah-buahan tersebut akan tua dan siap panen.


Tanaman rambutan admin sedang berbunga tapi diguyur hujan terus
Tanaman Rambutan admin sedang berbunga 
tapi diguyur hujan terus
 
Kenapa musim hujan terus menerus bikin tanaman buah nggak bisa berbuah ? Musim kemarau awal ditandai dengan munculnya bunga.  Bunga itu akan mengalami penyerbukan baik dibantu oleh angin atau serangga. Nah, setelah penyerbukan maka akan menjadi bakal buah. Tetapi kalau musim hujan tetap turun, maka bunga tersebut tidak bisa menjadi buah. Karena bunga yang baru muncul akan rusak dan gugur oleh hempasan air hujan.  Dismaping itu dengan curah hujan yang terus ada maka tanaman akan terpacu untuk memproduksi daun dan batang muda.  Produksi bunga sebagai bakal buah terhambat. Karena saat musim hujan tanah banyak mengandung asam sehingga merangsang pertumbuhan daun. Jika tanah kering dan banyak mengandung kaslium maka akan merangsang tanaman untuk menghasilkan bunga.

Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger