logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Pupuk Kandang untuk tanaman Padi

Sampurasun ... 

Pupuk Kandang untuk tanaman Padi

MANGYONO.com - Pada kesempatan kali ini, saya akan menulis kegiatan pemupukan padi dengan menggunakan pupuk kandang. Cara ini merupakan suatu inovasi dalam teknik budidaya padi. Di beberapa tempat, Pemupukan Organik dan pemupukan kandang dilaporkan telah berhasil meningkatkan produktivitas padi hingga dua kali lipat.

Pupuk kandang untuk tanaman padi admin.
Pupuk kandang untuk tanaman padi admin.

Pupuk kandang merupakan pupuk yang berasal dari kotoran hewan yang digunakan untuk menyediakan unsur hara bagi tanaman. Pupuk kandang berperan untuk memperbaiki sifat fisik, kimia dan biologi tanah.

Secara umum, tanaman butuh makanan, termasuk tanaman padi. Dengan makanan yang cukup (pupuk organik -kompos dan POC- dan pupuk anorganik), maka perkembangan fase vegetatif dan fase generatifnya akan tumbuh dengan baik.


Pupuk kandang untuk tanaman padi admin
Pupuk kandang untuk tanaman padi admin

 

Setiap jenis hewan tentunya menghasilkan kotoran yang memiliki kandungan hara unik. Namun secara umum kotoran hewan mengandung unsur hara makro seperti nitrogen (N), posfor (P), kalium (K), kalsium (Ca), magnesium (Mg) dan belerang (S). Bila dibandingkan dengan pupuk kimia sintetis, kadar kandungan unsur hara dalam pupuk kandang jauh lebih kecil. Oleh karena itu, perlu pupuk yang banyak untuk menyamai pemberian pupuk kimia.

Kotoran kambing teksturnya berbentuk butiran bulat yang sukar dipecah secara fisik. Kotoran kambing dianjurkan dikomposkan dahulu sebelum digunakan hingga pupuk menjadi matang. Ciri-ciri kotoran kambing yang telah matang suhunya dingin, kering dan relatif sudah tidak bau. Lihat foto dibawah.


Kotoran kambing yang sudah dipermentasikan sudah dingin dan tidak berbau.
Kotoran kambing yang sudah dipermentasi
sudah dingin dan tidak berbau.

Kotoran kambing memiliki kandungan K yang lebih tinggi dibanding jenis pupuk kandang lain. Pemberian pupuk kandang tidak langsung efektif pada musim tanam pertama, tapi akan memberikan hasil yang signifikan setelah diberikan pada musim tanam kedua dan selanjutnya.

Saya menggunakannya pupuk kandang sebagai tambahan pupuk kimia dengan dosis 1 ton per ha.

Untuk pemupukan yang menggunakan pupuk kandang ini dilakukan pada 20 hari setelah tanam. Ketika dilakukan pemupukan sawah dikeringkan dan pintu air ditutup.

Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

1 komentar:

padi apapun jenis dan modelnya tetap saja makanannya pupuk kandang...jadi pupuk kandang dimakan padi, padi jadi beras di makan sama mangyono...jadinya...gimana, coba?

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger