logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Cara membuat SEPI atau mengawetkan jengkol dengan dipendam tanah

Sampurasun ...

Cara membuat SEPI atau mengawetkan jengkol dengan dipendam tanah 

MANGYONO.com - Siapasih yang tidak kenal nama salah satu bahan makanan ini. Sebagian menyukainya karena rasanya yang nikmat, sebagian lagi sangat anti dengan makanan jenis ini karena bau tidak sedapnya yang sangat mengganggu.

Buah jengkol berupa polong berbentuk gepeng dan berbelit, warna buahnya lembayung tua. Setelah tua bentuk polong buahnya menjadi cembung dan ditempat yang mengandung biji ukurannya membesar.

Bijinya berkulit ari tipis dan berwarna coklat mengkilap. Biji ini, terutama yang sudah tua, merupakan bagian tanaman yang paling penting dan paling banyak dimanfaatkan sebagai bahan makanan. Selain itu, Juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan obat-obatan.

Bagi oreang yang sudah mengalami keracunan dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi jengkol lagi. Namun hal ini tidaklah mudah terutama bagi penggemar berat jengkol seperti saya ini. 😆😆😆

Nah, ada bebarapa cara untuk menurunkan kadar asam jengkolat dalam jengkol, antara lain dengan merebus jengkol yang ditambah abu gosok atau membuatnya menjadi jengkol "sepi". Jengkol SEPI selain bisa menurunkan asam jengkolat cara ini bisa untuk mengawetkan jengkol, jengkol yang dibuat SEPI bisa bertahan beberapa bulan. Terus bagaimana membuat jengkol SEPI? Nah, berikut ini saya akan menulis bagaimana cara membuat jengkol SEPI...

Cara membuat SEPI atau mengawetkan jengkol dengan dipendam tanah
 Cara membuat SEPI atau 
mengawetkan jengkol dengan dipendam tanah

Cara membuat jengkol SEPI :
Jengkol SEPI adalah jengkol yang telah dikecambahkan dengan cara memendam biji jengkol dalam tanah. Adapun lama pemendaman ini tak terbatas waktu bisa 14 hari, 1 bulan, bahkan 3 bulan. Setelah jengkol bertunas, jengkol sepi di gali, tunasnya dibuang dan dipendam kembali. Ukuran jengkol sepi ini besarnya bisa 3 kali lipat dari ukuran jengkol normal / mengembang.  

i. Siapkan wadah atau saya ini menggunakan tempat yang ternaungi di belakang rumah.  Gali tanah dengan ukuran dan kedalaman yang sesuai dengan banyaknya jengkol yang akan dibuat sepi. Masukan jengkol - jengkol tua yang akan dibuat sepi.

 Memasukan jengkol - jengkol 
kedalam lubang yang sudah dibuat


ii. Timbun dengan tanah setebal sekita 10 cm dan tanah tersebut dibuat lembab/disiram dengan air setiap hari.


Penimbunan buah jengkol untuk dibuat SEPI
 Penimbunan buah jengkol untuk dibuat SEPI


Konsumsi jegkol bukanlah sesuatu hal yang memalukan. Kandungan gizi yang tinggi merupakan salah satu potensi jegkol yang belum dimanfaatkan secara optimal. Meskipun demikian, konsumsi jengkol hendaknya tidak berlebihan khususnya bagi mereka yang mengalami gangguan ginjal.

Nah, apabila masih kurang jelas silahkan lihat VIDIO : Cara mengawetkan jengkol dengan dipendam tanah "SEPI"


Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger