logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Persalinan secara operasi caesar itu pahlawan

Sampurasun ...

Persalinan secara operasi caesar itu pahlawan.   

MANGYONO.com - Menurut para wanita persalinan merupakan usaha dan ketakutan besar serta nyeri tak tertahankan, tapi pada saat yang sama merupakan kebahagiaan luar biasa... Wanita itu pahlawan sejati karena mereka melalui semua penderitaan ini untuk melahirkan kehidupan baru. Tapi sebagian besar “persalinan sejati” hanya persalinan yang alami, melalui v4gina. Adapun “variasi yang lebih mudah”, operasi caesar, saat si bayi cukup diambil dari sayatan di perut, dianggap sederhana, karena wanita tidak perlu mengejan sendiri.

Tapi menurut saya.... Persalinan dengan bantuan operasi caesar benar-benar cara yang sulit, dan saya acungi jempol juga bagi wanita yang memilih operasi caesar karena keberanian mereka. 

Saya bisa menulis ini karena pengalaman saya waktu  anak dalam kandungan istri saya harus dioprasi caesar sebelum usia kandungan cukup atau di keluarkan sebelum waktunya karena istri saya darah tinggi bahkan kakinya sudah bengkak - bengkak. Cara ini kata dokter untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan terhadap anak didalam rahim istri saya atau ke istri saya sendiri, waktu itu sudah 2 cara yang dilakukan yaitu dengan secara normal dan secara bedah sesar. Secara normal dengan pemberian perangsang agar bayi keluar, tapi gagak dilakukan karena sudah 1 hari satu malam anak didalam kandungan tidak ada tanda - tanda akan lahir, dan kondisi bayi di dalam kandungan sudah lemah.

Inilah alasan saya untuk persalinan secara operasi caesar itu pahlawan :  
Pada saat operasi caesar, suami tidak akan diizinkan masuk ke ruang operasi, termasuk saya juga pada saat istri saya yang melakukan operasi caesar untuk anak ke dua.

Coba bayangkan.... Jika melalui persalinan biasa waktu istri saya melahirkan anak pertama saya diizinkan menemani dan memberi dukungan saat melakukan persalinan, bisa menggenggam tangan istri saat persalinan, dan selalu saya diizinkan ada di samping istri. Tapi, kalau operasi caesar... Sebelum operasi caesar saja istri tetap sendirian. Menurut istri saya... Sambil duduk di meja operasi, sambil melihat kesibukan para perawat dan dokter dia tidak punya dukungan dan pelipuran, istri saya merasa takut dan kesepian. Tetapi satu-satunya hal yang memberinya kekuatan pada saat ini adalah kasih sayangnya yang besar kepada anak yang akan dilahirkannya.

Istri tidak bisa langsung tau apakah persalinannya berhasil... Operasi caesar itu si istri dibius dan tidak bisa bergerak dari separuh badan kebawah. Istri saya tidak bisa langsung tahu apakah persalinannya berhasil dan tidak bisa memegang bayi setelah si bayi lahir ke dunia. Apalagi pasca caesar bayi saya ini kritis dan dirujuk ke Rumah Sakit di Purwakarta, karena Rumah Sakit di Subang tidak ada ruang NICCU untuk bayi yang kritis. dan Harus jauh dengan ibunya selama 14 Hari. Tapi istri saya ini sangat kuat dan mereka melawan ketakutan, kecemasan karena istri tahu ini akan menjadi yang terbaik untuk anak kami. Baca Kisah Lahirnya Anak Saya Gigin Gumilar Di RSIA Mutiara Hati Pagaden, Subang.

Persalinan secara operasi caesar itu pahlawan
Bayi Kami pasca oprasi caesar di RSIA Mutiara Hati Pagaden, Subang, dalam kondisi kritis dan harus dirujuk ke Rumah Sakit di Purwakarta yaitu ke RS. Efarina Etaham ( sekarang bernama RS. SILOAM )


Operasi caesar itu dengan sayatan dan jahitan... Operasi caesar itu rahim wanita disayat melalui perut untuk mengeluarkan bayi. Coba kita bayangkan ukuran sayatan yang dibutuhkan agar pas dengan si anak itu sekitar 20 cm, dan penyembuhan setelah persalinan tersebut butuh beberapa bulan. Pada awal berjalan kaki merasakan nyeri luar biasa. Dan ada bekas luka besar yang tetap ada sepanjang hidupnya. 

Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

2 komentar

banyak model pahlawan, ada pahlawan tanpa tanda jasa, ada pahlawan kesiangan, ada juga pahlawan caesar...itulah makna dari persalinan caesar tea teh

Balas

wetul... saratus keur mang ieu :)

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger