logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Kenapa tumbuhan harus disiram?.

Sampurasun ...

Kenapa tumbuhan harus disiram?.

MANGYONO.com - Anak saya yang kecil bertanya kebada saya... Ada anak bertanya pada bapaknya... Haha..

Pak, kenapa tanaman harus disiram?. 

Kata saya teh.. 

"Dek Gigin, menyiram akan membuat tumbuhan tetap hidup dan pada suatu saat ia akan membalas budi dedek Gigin dengan berbunga, berdaun indah atau berbuah...."

Langsung saja anak saya yang kecil itu tersenyum dan merebut selang yang dipake menyiram bunga sama saya ... 

"Udah dede aja yang nyiram bunganya, pa.."

Kenapa tumbuhan harus disiram?. Dedek Gigin sedang menyiram bunga.
 Kenapa tumbuhan harus disiram?. 
Dedek Gigin sedang menyiram bunga.


Memang betul air merupakan zat yang dibutuhkan oleh tumbuhan dan semua makhluk hidup lainnya. Air mempunyai banyak fungsi penting pada tubuh makhluk hidup. 

Sebagai contoh, air berfungsi sebagai tempat bagi banyak reaksi kimia. Jadi, jika kandungan air di dalam tumbuhan berkurang, maka reaksi reaksi kimia di dalam tubuh akan terganggu dan mengakibatkan tanaman layu dan mengering, bahkan menyebabkan kematian. Dengan menyirami tumbuhan, maka menyediakan air di dalam tanah sehingga dapat diserap oleh tumbuhan dan digunakan untuk mempertahankan kadar air di dalam tumbuhnya.

Selain itu, tumbuhan, seperti juga makhluk hidup lainnya, membutuhkan “makanan” untuk bertahan hidup, tumbuh dan berkembang. Makanan tumbuhan adalah zat-zat sederhana yang disebut “unsur hara” yang biasanya terdapat di dalam tanah. Agar unsur hara yang terdapat di dalam tanah ini dapat diserap dan digunakan oleh tumbuhan, maka unsur hara tersebut harus terlarut di dalam air. Dengan menyirami tumbuhan, maka adik-adik menambahkan air ke dalam tanah untuk melarutkan unsur hara, sehingga dapat diserap dan digunakan oleh tumbuhan.

Ada banyak lagi fungsi air untuk makhluk hidup..... 


...
...

Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger