logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Menanam Nanas Di Kebun Belakang Rumah

Sampurasun ...

Menanam Nanas Di Kebun Belakang Rumah

MANGYONO.com - Nanas merupakan tanaman buah berupa semak yang memiliki nama ilmiah Ananas comosus. Memiliki nama daerah Ganas (Sunda) dan dalam bahasa Inggris disebut pineapple.

Nanas dapat dikembangbiakan dengan cara vegetatif & generatif. Cara vegetatif digunakan adalah tunas akar, tunas batang, tunas buah, mahkota buah & stek batang. 

Nah, kemarin saya dapet bibit nanas 3 bibit dari Nenek, langsung saja saya tanam di kebun belakang rumah.. Menurut pembudidaya nanas, penanaman nanas yang baik dilakukan pada musim hujan, khan cocok sekarang saatnya menanam nanas. 


Menanam Nanas Di Kebun Belakang Rumah
 Menanam Nanas Di Kebun Belakang Rumah


Berikut ini langkah-langkah yang dilakukan untuk menanam Nanas:
i.
Menyiapkan bibit nanas.

Menyiapkan bibit Nanas
 Menyiapkan bibit Nanas

 
ii. Membuat lubang tanam dengan kedalaman sekitar 3-5 Cm. Selanjutnya menanam bibit pada lubang tanam yang tersedia masing-masing satu bibit per lubang tanam. Penanaman bibit nanas jangan terlalu dalam, 3-5 cm bagian pangkal batang tertimbun tanah.

Membuat lubang tanam dengan kedalaman sekitar 3-5 Cm
 Membuat lubang tanam dengan kedalaman sekitar 3-5 Cm

 
iii. Tanah ditekan/dipadatkan di sekitar pangkal batang bibit nanas agar tidak mudah roboh & akar tanaman dapat kontak langsung dengan air tanah.


Tanah ditekan/dipadatkan di sekitar pangkal batang bibit nanas
 Tanah ditekan/dipadatkan di sekitar pangkal batang bibit nanas
 
iv. Selanjutnya melakukan penyiraman. Perlu diingat, jangan terlalu sering menyiram, sebab tanaman akan layu dan membusuk karena terlalu banyak air. 

Tanaman nanas tumbuh sangat lambat, jadi jangan berharap cepet - cepet ingin melihat tanaman nanas berbuah.  Mungkin Kita tidak akan bisa mendapatkan buah nanas sebesar yang dijual di pasar. Namun kepuasan batin bahwa tanaman nanas kita dapat tumbuh dan berbuah merupakan kenikmatan yang tidak dapat terukur. Nah, Sekarang Anda tahu bagaimana cara menanam nanas. Tunggu apa lagi, silahkan persiapkan segalanya dan berharap Anda akan menikmati buah tropis yang sangat lezat ini. 


Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger