--> Skip to main content

Ini Dia Manfaat Sambel Bagi Tubuh

Sampurasun ...

Ini Dia Manfaat Sambel Bagi Tubuh 

MANGYONO.com - Meskipun sekarang harga cabai melambung tapi tetep banyak sekali orang suka sambal atau makan sesuatu dengan cabe. Karena tanpa sambal makan terasa kurang lengkap atau "Jbred". Bahkan saya kalau makan sambal nafsu makannya bertambah. Memang sih, klo kebanyakan kurang baik juga. Tapi ternyata kandungan dalam Sambal juga baik untuk kesehatan lo.

Ternyata dalam sambal terdapat zat-zat gizi yang dapat mencegah terjadinya stroke, penyakit jantung, dan impotensi.... Nah lo

Sambal itu bahan utamanya ya tentu saja cabai rawit. Yang ternyata juga mengandung vitamin C dan Betakaroten (Pro Vit. A). Zat yg terkandung pada cabai mengalahkan buah-buahan seperti Mangga, Nanas, atau Semangka. Bahkan kadar mineral, terutama kalsium dan fosfornya mengalahkan kandungan mineral yang ada pada Ikan Segar lo... Luar Biasa ya  ...


Ini Dia Manfaat Sambel Bagi Tubuh
Ini Dia Manfaat Sambel Bagi Tubuh 

Salah satu bagian yang membuat cabai pedas adalah "kapsaisin" yang tersimpan pada urat putih cabai atau tempat melekatnya/menempel biji cabai. Dan tentu saja khasiat terbesar pada cabai terletak pada kapsaisin ini. Sehingga Jika ingin mendapatkan khasiatnya mending gak usah di buang klo takut pedas, tetapi cukup ambil sedikit aja sambalnya he...he... 

Menurut yang saya baca kapsaisin bersifat antikoagulan, yaitu ............. menjaga darah tetap encer dan mencegah terbentuknya gumpalan atau bahkan kerak lemak pada pembuluh darah. Jadiii. ... orang yang suka makan sambal itu dapat memperkecil kemungkinan menderita penyumbatan darah (aterosklerosis), dan mencegah munculnya serangan stroke dan jantung koroner, serta impotensi.... Hebat khan manfaatnya?.

Katanya lagi Kapsaisin juga baik dikonsumsi ketika sakit kepala menyerang. Rasa pedas dari kapsaisin dapat menghalangi aktifitas otak ketika menerima sinyal rasa sakit dari pusat sistem saraf. Akibatnya rasa sakitnya akan berkurang. Pada saat yang sama Kapsaisin akan mengencerkan lendir, yang selanjutnya dapat melonggarkan penyumbatan pada tenggorokan dan hidung..

Tapiiii... meskipun sambal enak, dalam mengkonsumsi sambal tidak boleh berlebihan karena kandungan kapsaisin yang berlebihan bisa menyebabkan meningkatnya asam lambung yang akan menyebabkan sakit perut.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comments
0 Comments