logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Kenapa kunci ini disebut Kunci Inggris..

Sampurasun ...

Kenapa kunci ini disebut Kunci Inggris...

MANGYONO.com - Mungkin sobat juga sudah pada tau apa itu kunci Inggris. Tapi tahukah sobat kenapa disebut kunci Inggris?. Bukan dengan nama kunci Prancis, Jerman, Portugal, Italia, Belanda, bahkan Indonesia :)

Nah... Kunci inggris yaitu alat pekakas yang bisa digunakan pada perbengkelan untuk memperbaiki kendaraan seperti motor, sepeda, mobil dan lainnya. Selain itu, kunci inggris juga sering digunakan pada orang-orang yang bekerja di industri ataupun mesin / mekanik. 

 Gambar 1 : Kunci Inggris
 Gambar 1 : Kunci Inggris

Kunci inggris itu memiliki sekerup yang bisa disetel dengan cara diputar berdasarkan ukuran baut / mur. Dengan begitu kunci inggris memiliki multi fungsi dibandingkan dengan kunci pas. ( Lihat foto dibawah )

Foto 2 : Menyetel besar kecil kunci Inggris dengan memutar skrupnya
Foto 2 : Menyetel besar kecil kunci Inggris 
dengan memutar skrupnya


Namun ada kelebihan tapi ada juga kekurangannya dari kunci Inggris ini... Dari segi kekurangan karena ukuran nya yang besar, kunci inggris lebih sering digunakan untuk baut / mur yang berukuran besar, sangat jarang digunakan untuk baut / mur yang kecil apalagi diposisi tempat yang kecil.

Sebenarnya, kunci inggris ini dalam bahasa Inggris disebut adjustable spanner atau adjustable wrench. Di beberapa negara di Eropa disebut 'English Key'.

Kunci Inggris ditemukan oleh seorang insinyur asal Inggris bernama Richard Clyburn pada tahun 1842. Sedangkan di Indonesia, lebih populer dengan nama kunci Inggris karena negara kita pernah dijajah oleh Inggris dan Belanda. Itulah mengapa di Indonesia menyebutnya kunci Inggris.

Padahal, kunci Inggris yang seperti foto diatas itu bukanlah murni buatan dari Clyburn, melainkan telah disempurnakan oleh Johan Petter Johansson, dari Swedia. Bahkan beberapa negara seperti Israel, Denmark, dan Polandia, menyebutnya dengan Swedish Key alias Kunci Swedia.


Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

1 komentar:

Jadi kunci Inggris ini diam-diam ada sejarahnya. Hehe

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger