--> Skip to main content

Tape Sorgum Atau Peuyeum Cetrik

Sampurasun ...

Tape Sorgum / Cetrik

MANGYONO.com - Tanaman sorgum dapat berproduksi walaupun dibudidayakan dilahan yang kurang subur, air yang terbatas dan masukkan (input) yang rendah, bahkan dilahan yang berpasirpun sorgum dapat dibudidayakan. Namun apabila ditanam pada daerah yang berketinggian diatas 500 m dpl tanaman sorgum akan terhambat pertumbuhannya dan memiliki umur yang panjang


Nah, Sorgum atau Cetrik bijinya mengandung karbohidrat, protein dan lemak. Kandungan protein pada biji sorgum juga sangat tinggi, dibandingkan sumber pangan lain seperti beras, singkong dan jagung, sorgum mempunyai kadar protein yang paling tinggi. Dibandingkan beras, sorgum juga unggul dari segi kandungan mineral seperti Ca, Fe, P dan kandungan vitamin B1-nya.

Kandungan nutrisi sorgum yang begitu tinggi tersebut saat ini belum dapat dimanfaatkan secara optimal. Hal ini dikarenakan pengembangan sorgum sendiri belum mencapai taraf pengembangan yang memuaskan. Para petani masih setengah hati untuk menanam sorgum karena nilai jual sorgum belum tinggi sebagaimana halnya produk serealia yang lain seperti beras, jagung, gandum dan kacang-kacangan. Para petani menanam Sorgum / Cetrik hanya untuk tanaman tumpang sari aja.


Selama ini dikarenakan para petani masih terkendala dengan kelengkapan fasilitas yang diperlukan seperti mesin pemecah biji.

Saat ini sorgum masih dimanfaatkan hanya sebatas potensi utamanya saja yaitu dari bijinya untuk makanan camilan. Nah, makanan camilan dari Sorgum atau Cetrik ini, yaitu 
  • Pop sorgum, 
  • Tape sorgum, 
  • Emping sorgum.

Tape Sorgum atau Peuyeum Cetrik
 Tape Sorgum atau Peuyeum Cetrik

Ngomong - ngomong soal tape Sorgum.. Malam tadi saya makan tape sorgum loh.... Tape Sorgum/cetrik ini rasanya manis, renyah... Penasaran khan sobat dengan tape sorgum saya ini.Maklum dipencariaan Google belum ada yang posting tentang tape Sorgum... Jadi kalau saya posting pasti dah berada di halaman pertama Google... Masih gak percaya?. Coba aja ketik "Tape Sorgum / Cetrik".

Warna dari tape Sorgum ini Coklat kehitaman.. Mirip - mirip seperti tape ketan hitam  ... Cuma rasanya aja yang berbeda...

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comments
0 Comments