--> Skip to main content

Kerupuk Getas Makanan Khas Pulau Bangka

Sampurasun ...

Kerupuk Getas Makanan Khas Pulau Bangka

MANGYONO.com - Masih tentang sehari.... Sebagai daerah kepulauan yang dikelilingi lautan dengan potensi hasil laut yang melimpah, menjadikan Pulau Bangka punya banyak makanan yang berasal dari hasil laut.

Toko Makanan Khas Pulau Bangka
Toko Makanan Khas Pulau Bangka


Sehingga, tak heran bila makanan khas dari daerah ini juga komposisi utamanya sebagian besar adalah hasil-hasil laut itu. Seperti Kerupuk Getas, salah satu kerupuk khas Pulau Bangka. Di Pulau Bangka, sebagian masyarakat menyebutnya keritek. Namun ada pula yang menyebutnya peletek.

Kerupuk Getas terbuat dari ikan yang dicampur dengan sagu rumbia, bukan tepung biasa. Kerupuk Getas yang ada di Pulau Bangka terbuat dari ikan tenggiri. Produksi Kerupuk Getas ini kebanyakan produksi dari Belinyu ( Bangka )

Kerupuk Getas Makanan Khas Pulau Bangka
 Kerupuk Getas Makanan Khas Pulau Bangka


Menurut teman saya di Pulau Bangka pembuatan getas ini unik.. Yaitu, Adonan getas begitu sudah dipotong-potong, langsung digoreng saat itu juga tanpa harus menunggu proses pengeringan, perebusan atau tidak seperti pembuatan kerupuk pada umumnya. 


Komposisi Kerupuk Getas :
Ikan Tenggiri, Sagu Lembia, Telor, Garam, Penyedap Rasa dan Minyak Sayur 

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comments
0 Comments