--> Skip to main content

Cara Menanam Serai / Sereh Dari Batang Sisa Bumbu

Sampurasun ...

Cara Menanam Serai / Sereh Dari Batang Sisa Bumbu

MANGYONO.com - Disini akan dijelaskan beberapa tips cara menanam serai / sereh tidak dari anakannya tetapi dari potongan atau sisa bumbu. Bagaimana caranya supaya kemungkinan tanaman tersebut untuk pulih dan tumbuh baik dan beranak.

Serai atau sereh adalah salah satu bumbu untuk banyak resep makananan Indonesia. Paling bagus adalah menggunakan serai yang masih segar. Kalau kebetulan membeli serai segar dan masih tersisa, sebaiknya ditanam ditanah walau tidak ada akarnya. Namun karena tak berakar, sering kali batang serai itu tidak tumbuh, layu dan kering, apa lagi kalau tanah lupa tidak disiram. Kalau batang serai mempunyai akar akan lebih mudah untuk menanamnya. 

Cara Menanam Serai / Sereh Dari Batang Sisa Bumbu

Cara Menanam Serai / Sereh Dari Batang Sisa Bumbu

 

Cara yang paling sederhana untuk menumbuhkan akar pada batang serai adalah :
i. Siapkan batang sereh, batang sereh harus cukup tua, dan bagian bawahnya masih terdapat batang/bonggol yang masih keras. Kalau tak terlihat batang kerasnya coba kupas lapisan batang daunnya dan lihat apa masih tersisa batang yang keras dibawahnya. Kalau masih ada batangnya yang keras dan serainya tidak kering masih bisa direndam untuk menumbuhkan akar.

ii. Isi gelas dengan air/ kira - kira 1/4-nya. Bisa memakai gelas minum atau apa saja yang bisa digunakan untuk menampung air.

iii. Lalu merendam bagian bawahnya didalam air. .

iv. Ganti airnya seminggu sekali dan letakan diberanda rumah atau didalam rumah dekat jendela yang terkena sinar matahari. Setelah beberapa minggu, akar akan mulai tumbuh, bahkan tunas baru juga bisa tumbuh.

Nah, selanjutnya batang serai yang sudah tumbuh akar bisa ditanam ditanah atau didalam pot

Selamat mencoba
Cara Menanam Serai dari Batang Sisa Bumbu ya.....

Lihat vidionya DI SINI 
...

...
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comments
0 Comments