--> Skip to main content

Cara Tanam Padi TRISAKTI - 75 Hari Panen

Sampurasun ...

Cara Tanam Padi Trisakti - 75 Hari Panen

MANGYONO.com - Ini adalah Cara tanam Padi Trisakti yang saya lakukan, sebelumnya saya mohon maaf gak bermaksud menggurui. Ini sekedar berbagi saja. Tanaman padi Trisakti saya ini di tanam di Sawah Tegalsungsang, Des. Bendungan, Kec. Pagaden Barat, Kab. Subang, Prov. Jawa Barat, Indonesia.

Padi Trisakti ini memiliki ciri unik berbiji besar, tapi lonjong simetris, berbobot. Padi Trisakti bulir bernas sampai pangkal, jumlah bulir per malai 250-an, tiap rumpun terdiri dari 33 batang dan yang paling jempol padi ini GENJAHNYA umur 70-75 HST (hari setelah tanam) bisa dipanen.. Rasa dari Nasi Trisakti ini pulen, produksinya sekitar 7-14 ton/Ha ... 


Berikut ini Cara Tanam Padi Trisakti - 75 Hari Panen 
A. Persiapan Benih.
i. Siapkan benih Padi TRISAKTI sesuai dengan kebutuhan. Kalau belum punya atau bingung mencari benih padi TRISAKTI silahkan 
Silahkan call / sms :
0812 1279 5258
0813 1053 3826

WhatsApp (WA): 0813 1053 3826
PIN BBM: DD46FC1F ( MANGYONO )
 
Facebook : MANGYONOcom
Twiter   : @mangyonocom
Instagram : @mangyonocom
email    : blogmangyono@gmail.com
Contack Us : Admin MANG YONO

ii. Kebutuhan benih untuk lahan sawah 1 Ha memerlukan benih padi TRISAKTI 20-25 Kg.

Baca  Padi TRISAKTI ( 75 Hari PANEN !!!)
Benih Padi TRISAKTI 70-75 HST Panen
Benih Padi TRISAKTI 70-75 HST Panen

 

B. Perendaman Benih Padi TRISAKTI 70-75 HST Panen
i. Pertama membersihkan benih yang tidak bernas, caranya cukup direndam air saja...  (boleh juga untuk memisahkan gabah bernas dan hampa dengan pake garam yang dilarutkan dengan air, tapi setelah itu benih dicuci sampai bersih) 
ii. Bagi yang langsung direndam air saja, setelah benih di tuang ke wadah yang sudah berisi air bersih sambil di obok - obok, gabah yang mengapung dibuang saja dan yang tenggelam tetap dalam bak air tersebut.  Atau bisa juga benih direndam bersama kemasan plastiknya, dengan catatan ditusuk/diberi lubang-lubang  pada kemasannya, supaya air bisa masuk kedalam kemasan benih.
iii. Perendaman benih ini selama 2x24 jam.. Nah, setelah itu baru diangkat dan ditiriskan, selanjutnya diperam selama 2x24 jam juga, supaya benih berkecambah. Baca Rendam Benih Padi Trisakti  70-75 Hari Setelah Tanam Panen

 Perendaman benih Padi Trisakti
 Perendaman benih Padi Trisakti

iv. Sambil menunggu benih berkecambah sebaiknya menyiapkan "pawinian" bedengan persemaian, buat sesuai kebutuhan dengan kondisi lahan yang drenase airnya mudah diatur agar kecambah tidak tergenang air atau kekeringan.  ...

C. Penyemaian dan pemeliharaan Padi Trisakti
i. Tabur benih secara merata : Bagi benih sesuai dengan jumlah bedengan kemudian taburkan masing-masing bagian benih secara merata pada setiap bedengan. penaburan benih TRISAKTI jangan terlalu berdempetan/lakukan secara jarang - jarang. Lihat Semaian Benih Padi Trisakti Umur 5 HSS (75 hari panen)

 Benih padi Trisakti 5 HSS di penyemaian/pawinian
 Benih padi Trisakti 5 HSS di penyemaian/pawinian

ii. Lakukan pemupupukan persemaian pada waktu 10 HSS (hari setelah sebar). Untuk sistem pengairan macak-macak. Pemupukan menggunakan Urea.

iii. Semaian padi Trisakti sudah 20 HSS saatnya pindah tanam. Namun sebelumnya kita perlu  mencabutnya dari media persemaian tadi, dan orang Sunda menyebutnya “Babut“. Benih di cabut sampai akar-akarnya, perlunya ke-hati-hatian agar benih tidak putus. Agar lebih mudah, maka pada waktu pencabutan, area persemaian sebaiknya di rendam air dengan ketinggian air sekitar 3-4 Cm atau setinggi 1/4 batang padi. 

iv. Setelah benih-benih  di cabut, lalu benih diikat, agar kita mudah membawanya.  Satu ikatan seukuran satu genggaman tangan besar. Ikatan-ikatan ini nantinya  di taruh/disebar di area lahan yang akan di tanam, untuk mempermudah penanaman. Baca Semaian Benih Padi Trisakti Umur 20 HSS (75 Hari Panen )

 Benih padi Trisakti 20 HSS di penyemaian/pawiniansiap pindah tanam
 Benih padi Trisakti 20 HSS di penyemaian/pawiniansiap pindah tanam

D. Persiapan lahan Padi TRISAKTI 70-75 HST Panen
Tanah sawah dibajak menggunakan traktor atau tenaga sapi atau kerbau. Tujuan pembajakan adalah untuk pembalikan tanah, memberantas gulma, hama penyakit terbawa tanah, serta membenamkan dan mnguraikan biji-biji padi yang tertinggal dalam tanah. Pengolahan tanah sempurna 3-7 Hari sebelum tanam. Buat parit kecil ( kamalir ) di pertengahan memotong panjang dan lebar petakan atau disekeliling pematang sawah.

Berikan pupuk dasar sebelum tanam atau pada saat pengolahan tanah dengan pupuk Organik / Pupuk Kandang yang sudah di permentasi 100 kg/500M2 ( ini untuk sawah pribadi saja kalau untuk sawah sewa sebaiknya jangan. Karena biasanya pupuk kandang akan maksimal setelah tanam ke-2 dan 3). Atau  pupuk dasar bisa menggunakan pupuk NPK  sebelum tanam. 

E.    Penanaman Padi Trisakti
Penanaman dilakukan pada waktu bibit berumur 17-20 HSS (hari setelah semai).

F. Jarak Tanam Padi Trisakti
Jarak tanam yaitu 30 Cm x 30 Cm dengan legowo per 6 Rumpun.


G. Waktu Pemupukan Padi Trisakti
Pupuk pertama pada umur 10-12 HST, dengan NPK Phonska dan Urea dengan perbandingan 3:1.  (3  Phonska : 1 Urea)

Lihat :

Pupuk susulan ke-1 pada umur 20- 24 HST  atau setelah melakukan penyiangan, dengan NPK Phonska atau menggunakan Urea saja atau menggunakan Mutiara. 

H. Penyiangan Padi Trisakti
Dilakukan sebanyak 2 kali saat tanaman berumur 15 HST dan 34 HST. Baca Padi Trisakti Umur 34 HST Melakukan Penyiangan 

I. Penyulaman Padi Trisakti
Penyulaman dimaksudkan untuk mengisi rumpun yang mati atau kurang baik pertumbuhannya, agar diperoleh populasi yang optimum. Penyulaman dilakukan yaitu sekitar 10 - 17 HST. Baca Penyulaman Padi TRISAKTI Umur 11 HST (75 Hari Panen)

  Tanaman padi Trisakti 17 HST di sawah Tegalsungsang
  Tanaman padi Trisakti 17 HST di sawah Tegalsungsang


J. Pengairan Padi Trisakti
Air merupakan syarat mutlak bagi pertumbuhan tanaman padi sawah termasuk padi TRISAKTI meskipun padi ini minim memerlukan air. Masalah pengairan bagi tanaman padi merupakan salah satu factor penting yang harus mendapat perhatian penuh demi mendapat hasil panen yang akan datang.

Air yang dipergunakan untuk pengairan padi di sawah adalah air yang berasal dari sungai, sebab air sungai banyak mengandung lumpur dan kotoran-kotoran yang sangat berguna untuk menambah kesuburan tanah dan tanaman. Air yang berasal dari mata air kurang baik untuk pengairan sawah, sebab air itu jernih, tidak mengandung lumpur dan kotoran.
Tanaman padi Trisakti tidak menyukai air yang tergenang, untuk itu sebaiknya menggunakan pengairan berselang. Tapi sesuai percobaan yang saya lakukan sekarang ternyata padi TRISKTI tahan juga di lahan sawah rawa / sawah tergenang terus. 

Baca : 
Percobaan : Tanam Padi TRISAKTI 0 HST di Sawah Rawa - 75 HST Panen 
Percobaan : Tanaman Padi TRISAKTI 10 HST di Sawah Rawa - 75 HST Panen
Percobaan : Tanaman Padi TRISAKTI 17 HST di Sawah Rawa - 75 HST Panen
 
Untuk menjaga agar genangan air didalam petakan sawah itu tetap, jangan lupa dibuat pula lubang pembuangan. Lubang pemasukan dan lubang pembuangan tidak boleh dibuat lurus. Hal ini dimaksudkan agar ada pengendapan lumpur dan kotoran-kotoran yang sangat berguna bagi pertumbuhan tanaman. Apabila lubang pemasukan dan lubang pembuangan itu dibuat lurus, maka air akan terus mengalir tanpa adanya pengendapan.

Lakukan pergiliran air selang 3 hari. Pada hari pertama tanaman diairi selama 3 hari. Terus dikeringkan selama 3 hari. Cara pengairan ini berlangsung sampai fase anakan maksimal.


Pada waktu mengairi tanaman padi di sawah, dalamnya air harus diperhatikan dan disesuaikan dengan umur tanaman tersebut. 

Kedalaman air hendaknya diatur dengan cara sebagai berikut:
i. Tanaman Padi Trisakti yang berumur 0-7 hari kedalaman air cukup 5 cm saja.
ii. Tanaman yang berumur 7-47 hari kedalaman air dapat ditambah hingga 10-15 cm.

Ternyata padi TRISAKTI itu tahan kekeringan. Baca Seminggu Kekeringan Tanaman Padi TRISAKTI Tetap Tumbuh Bagus.

K. Tanaman padi Trisakti 41 HST sudah bunting muda
Tanaman TRISAKTI sudah bunting muda. Tanaman muda (tepi) masih membentuk anakan baru, sehingga terlihat perkembangan kanopi sangat cepat. 

  Tanaman padi Trisakti 41 HST di sawah Tegalsungsang
  Tanaman padi Trisakti 41 HST di sawah Tegalsungsang

Warna daun dari tanaman padi TRISAKTI yaitu hijau muda seperti daun padi muda. Alhamdulillah tanaman padi TRISAKTI saya ini tak terserang hama wereng, tanaman padinya tumbuh subur tidak ada yang tumbuh kuntet atau mengerdil walau sawah petani lain disebelah sawah saya ini tampak mengerdil. 


L. Padi TRISAKTI Umur 48 HST sudah bunting besar, keluar malai dan berbunga
Perkembangan tanaman pada tahapan ini diawali dengan inisiasi bunga. Bakal malai terlihat berupa kerucut berbulu putih panjang 1,0-1,5 mm. Pertama kali muncul pada ruas buku utama kemudian pada anakan dengan pola tidak teratur. Ini akan berkembang hingga bentuk malai terllihat jelas sehingga bulir terlihat dan dapat dibedakan.

Malai muda meningkat dalam ukuran dan berkembang ke atas di dalam pelepah daun bendera menyebabkan pelepah daun menggembung. Penggembungan daun bendera ini disebut bunting.

i. Tahap Bunting.
Bunting terlihat pertama kali pada ruas batang utama. Pada tahap bunting, ujung daun layu (menjadi tua dan mati) dan anakan non-produktif terlihat pada bagian dasar tanaman.

ii. Tahap Keluar Malai 
Tahap selanjutnya dari fase ini adalah tahap keluar malai. Heading ditandai dengan kemunculan ujung malai dari pelepah daun bendera. Malai terus berkembang sampai keluar seutuhnya dari pelepah daun. Dan ada juga yang sudah tahap pembungaan yang dimulai ketika serbuk sari menonjol keluar dari bulir dan terjadi proses pembuahan.


Padi TRISAKTI admin sudah bunting besar, keluar malai dan berbunga
Padi TRISAKTI admin  
sudah bunting besar, keluar malai dan berbunga

iii. Tahap Pembungaan
Pada pembungaan, kelopak bunga terbuka, antera menyembul keluar dari kelopak bunga karena pemanjangan stamen dan serbuksari tumpah. Kelopak bunga kemudian menutup. Serbuk sari atau tepung sari jatuh ke putik, sehingga terjadi pembuahan.

Proses pembungaan berlanjut sampai hampir semua spikelet pada malai mekar. Pembungaan terjadi sehari setelah heading. Pada umumnya, floret membuka pada pagi hari. 

Anakan pada tanaman padi ini telah dipisahkan pada saat dimulainya pembungaan dan dikelompokkan ke dalam anakan produktif dan nonproduktif.

Pemberian zat pengatur tumbuh atau penambahan hormon tanaman dan pemeliharaan tanaman dari serangan penyakit sangat diperlukan pada fase ini dengan melakukan penyemprotan menggunakan fungisida dengan tujuan merangsang pertumbuhan malai pada anakan produktif, karena diharapkan semua anakan produktif bisa menghasilkan malai yang baik. Baca Padi TRISAKTI Umur 48 HST sudah bunting besar, keluar malai dan berbunga

M. Padi TRISAKTI Umur 62 HST Tahap Matang Susu
Pada tahap matang susu ini, gabah mulai terisi dengan bahan serupa susu. Gabah mulai terisi dengan larutan putih susu, dapat dikeluarkan dengan menekan/menjepit gabah di antara dua jari. Malai hijau dan mulai merunduk. Baca Padi Trisakti Umur 62 HST Tahap Matang Susu
Padi Trisakti Umur 62 HST Tahap Matang Susu
FOTO : Padi Trisakti Umur 62 HST Tahap Matang Susu


N. Padi Trisakti Umur 70 HST Gabah Mulai Menguning
Padi TRISAKTI umur 70 hST sudah mulai menguning biasanya tidak lama lagi padi bisa di panen dan untuk padi TRISAKTI umur 75 HST sudah bisa dipanen. Jadi tinggal menunggu 5 Hari lagi. Baca Padi Trisakti Umur 70 HST Gabah Mulai Menguning

Padi Trisakti Umur 70 HST Gabah Mulai Menguning
FOTO ; Padi TRISAKTI Umur 70 HST Gabah Mulai Menguning

O. Panen Padi TRISAKTI Umur 73 - 75 HST 
Padi TRISAKTI saya umur 73 HST sudah siap panen tapi saya memanennya di umur 75 HST karena bertepatan dengan hari Minggu, saya libur kerja. Baca Panen Padi TRISAKTI Umur 75 HST


Jual Benih Padi Trisakti - Padi Super Genjah 75 HST Panen

Baca juga:
Rendam Benih Padi Trisakti 
Semaian Benih Padi Trisakti Umur 5 HSS 
Semai bibit Padi Trisakti 12 HSS
Tanaman Padi Trisakti Umur 6 HST 
Penyulaman Padi TRISAKTI Umur 11 HST
Padi Trisakti Umur 17 HST dan Pemberian Pupuk Phonska 
Padi Trisakti Umur 27 HST Fase Tahap Pembentukan Anakan ( 75 Hari Panen )
Padi Trisakti Umur 34 HST Melakukan Penyiangan dan Pengairan
Tanaman Padi Trisakti 41 HST Sudah Bunting Muda  
Padi TRISAKTI Umur 48 HST sudah bunting besar, keluar malai dan berbunga
Padi Trisakti Umur 55 HST Tahap Pembungaan - 75 HST Panen
Padi Trisakti Umur 62 HST Tahap Matang Susu - 75 HST Panen
Padi Trisakti Umur 70 HST Gabah Mulai Menguning (75 HST Panen)




Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comments
0 Comments